Cara Menanam Terong Bulat

Ada berbagai jenis terong yang beredar di pasaran dan sebagian besarnya dimasak dahulu sebelum dikonsumsi, namun selain itu kita juga mengenal terong bulat yang biasa dimakan mentah sebagai lalapan dan biasa disebut dengan terong lalap.

Terong bulat ini memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda dengan terong sayur, yaitu berbentuk bulat dan berukuran kecil. Terong ini memiliki rasa yang manis dan bertekstur empuk dan renyah sehingga banyak yang menyukainya sebagai lalapan saat makan. Jadi tidak heran jika saat ini banyak yang membudidayakan terong bulat atau terong lalap ini baik itu dalam skala kecil atau skala besar.

Jika Anda juga tertarik untuk menanamnya, berikut ini kami ulas mengenai cara menanam terong bulat selengkapnya.

SYARAT TUMBUH

Terong lalap dapat tumbuh di daerah dataran rendah ataupun dataran tinggi pada ketinggian sekitar 1-1200 mdpl dengan suhu sekitar 18-25 derajat Celcius. Untuk membentuk warna buah, terong membutuhkan intensitas cahaya yang cukup. Terong dapat tumbuh dengan baik pada jenis tanah lempung berpasir dan mengandung abu vulkanis dengan derajat keasaman atau ph sekitar 5-6.

PERSIAPAN BIBIT

Bibit terong bulat diperoleh dari penyemaian bijinya, sedangkan biji tersebut dapat diperoleh dari buah terong lalap yang sudah tua dan diambil bijinya kemudian dijemur. Namun jika tidak ingin repot, benih terong bulat dapat diperoleh dengan mudah di toko-toko pertanian.

Setelah benih diperoleh selanjutnya adalah merendamnya dalam air hangat kuku selama 10-15 menit. Kemudian bungkus benih dengan kain basah dan peram selama 24 jam  sampai berkecambah.

Siapkan media semai berupa polybag yang diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang halus. Benih yang telah berkecambah ditanam satu persatu dalam polybag dan tutup dengan tanah tipis saja. Lakukan penyiraman rutin tapi jangan sampai menggenang.

Setelah bibit berumur 1-1,5 bulan sejak penyemaian atau sudah memiliki 4 helai daun bibit sudah dapat dipindah tanam.

PERSIAPAN LAHAN

Gemburkan lahan dengan cara dibajak kemudian lakukan pengairan dengan melakukan penggenangan lahan selam 3-5 jam kemudian bajak kembali. Untuk hasil maksimal berikan pupuk dasar berupa pupuk kandang dengan menaburkannya secara merata. Tambahkan pula pupuk urea atau bisa juga menggunakan pupuk NPK. Selanjutnya buat bedengan dengan membentuk single row lalu dipasang mulsa hitam perak.

TAHAP PENANAMAN

Setelah semuanya siap, penanaman dapat dilakukan. Proses penanaman diawali dengan membuat lubang tanam pada bedengan dengan cara ditugal sedalam 10-15 cm dengan jarak tanam 75 cm. Tanam bibit pada lubang tersebut dengan posisi tegak lalu timbun dengan tanah disekitar lubang dan padatkan agar bibit erat tertanam dan diikuti dengan penyiraman untuk menjaga kelembaban. Waktu penanaman yang baik yaitu pada musim kering dengan air yang tersedia.

PERAWATAN

Perawatan tanaman terong lalap meliputi pengairan, penyulaman, penyiangan, pemupukan susulan dan perempelan.

  • Pengairan

Pada awal pertumbuhan dan cuaca kering, pengairan dilakukan secara rutin setiap hari. Pengairan tersebut dapat dilakukan dengan cara dileb atau disiram dengan gembor.

  • Penyulaman

Lakukan penyulaman pada tanaman yang pertumbuhannya tidak normal atau mati dan kembali ditanami dengan yang baru. Penyulaman ini maksimal dilakukan pada saat tanaman berumur 15 HST.

  • Penyiangan

Penyiangan terhadap gulma dapat dilakukan pada saat usia tanaman 15 HST dan 60-75 hari agar gulma tersebut tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

  •  Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan pertama dilakukan saat tanaman berumur 21 HST dengan menggunakan pupuk ZA, SP 36 dan KCL dengan dosis masing-masing, 2,5-3 gram, 2,5-3 gram dan 1-1,5 gram per tanaman.

Pemberian pupuk tersebut dilakukan dengan jarak 10 cm dari pangkal batang.

  •  Perempelan

Lakukan perempelan pada tunas-tunas liar yang tumbuh pada ketiak daun dan juga pada bunga pertama yang tumbuh. Perempelan ini bertujuan untuk merangsang tunas dan bunga yang lebih produktif segera tumbuh.

Demikian ulasan mengenai cara menanam terong bulat, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih terong bulat atau terong lalap dan perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com