Cara Menanam Pohon Gamal

Pohon gamal (Gliricidia sepium) adalah nama sejenis perdu dari kerabat polong-polongan, yaitu suku Fabaceae atau Leguminosae. Tanaman ini berasal dari daerah Amerika Tengah dan Brazil.

Tanaman gamal mengandung berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik dan diperlukan bagi hewan ternak. Kandungan nutrisi yang ada pada tanaman gamal diantaranya protein, serat, kalori, lemak, vitamin C, karbohidrat, air, dan mineral. Sehingga tanaman gamal ini banyak dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti kambing, sapi, kerbau, dan kuda.

Untuk menanam pohon gamal ini salah satunya dapat dilakukan menggunakan metode stek batang atau dengan cara menanam batangnya secara langsung pada lahan.

Untuk mengetahui cara menanam pohon gamal secara lengkap, silakan simak penjelasannya berikut ini.

PERSIAPAN BIBIT

Dalam budidaya gamal dengan metode stek, bibit yang digunakan diperoleh dari pohon induk berupa batangnya. Pilihlah batang yang tegak, kulit batang berwarna hijau kecoklatan, dengan diameter batang 2-5 cm. Potong batang terpilih sepanjang 40-70 cm, runcingkan kedua sisinya.

PERSIAPAN LAHAN

Pilihlah lokasi yang memiliki penyinaran cukup yaitu dengan penyinaran yang agak penuh dan tidak ada naungan dari tumbuhan lain seperti pohon besar.

Setelah lahan penanaman ditentukan, bersihkan dari semua gulma serta rumput liar, gemburkan dengan dicangkul atau dibajak, tambahkan pula pupuk kandang agar lahan penanaman lebih subur.

Related Post

PENANAMAN

Buat lubang tanam dengan jarak antar lubangnya adalah 100-150 cm, atau bisa lebih rapat menyesuaikan dengan lahan. Tanam bibit dengan posisi calon tunas menghadap ke atas, jangan sampai terbalik, kemudian tutup kembali. Padatkan perlahan media tanam disekitar pangkal bibit agar bibit erat tertanam dan tidak goyah dan mudah roboh. Kemudian ikuti dengan penyiraman untuk menjaga kelembaban media tanam.

Daun gamal bisa dipanen pada usia tanaman 8 bulan dari penanaman pertama dan pemanenan berikutnya dapat dilakukan setiap 90 – 120 hari.

Gamal sebagai pakan ternak dapat diberikan sebagai sumber pakan hijauan tunggal, atau baik juga sebagai pelengkap kebutuhan protein dari ternak yang diberikan pakan rumput. Pemberian gamal dianjurkan dalam kondisi sedikit layu untuk mengurangi zat anti nutrisi yang terdapat didalamnya.

Selain dapat ditanam melalui metode stek batang, pohon gamal dapat ditanam melalui biji/benihnya. Namun, penanaman gamal melalui benih ini  jarang dilakukan karena kebanyakan gamal dipanen untuk diambil daunnya sebelum tanaman gamal berbuah atau berbunga.

Nah bagi Anda yang tidak memiliki pohon gamal induk untuk dijadikan bibit stek batang, Anda bisa menanam gamal melalui biji/benihnya sebagai alternatif lain. Untuk mendapatkan biji/benih gamal, Anda bisa membelinya di SentraTani.com.

Demikian ulasan mengenai cara menanam pohon gamal, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih gamal ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi Sentratani.com