Cara Menanam Cherry dalam Pot

Buah cherry memiliki merah yang sangat menarik serta bentuk yang memikat, sehingga buah ini sering digunakan  sebagai penghias kue, makan atau minuman. Selain itu karena pula buahnya yang menarik dan enak dipandang tanaman cherry juga sangat cocok dijadikan sebagai tanaman penghias taman atau halaman rumah.

Tidak hanya tampilan buahnya yang menarik, namun ternyata buah cherry memiliki kandungan yang baik dan bermanfaat bagi tubuh yaitu Vitamin A dan C, mineral, zat besi, kalium, magnesium dan zat antioksidan yang baik mencegah reaksi oksidasi, baik juga buat kesehatan mata dan jantung serta membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Jika melihat dari banyaknya manfaat yang terkandung pada buah cherry serta tampilannya yang indah dan menarik, tentu akan sangat menyenangkan jika kita dapat menanamnya sendiri, sehingga selain dapat memperoleh manfaatnya juga dapat dijadikan sebagai hiasan halaman ataupun taman.

Menanam cherry ini cukup mudah dilakukan, karena selain dapat ditanam langsung pada lahan dapat pula ditanam dalam pot sebagai tabulampot atau tanaman buah dalam pot. Nah, pada kesempatan kali ini khusus akan kami ulas mengenai Cara Menanam Cherry dalam Pot, berikut ini penjelasan selengkapnya.

PERSIAPAN BIBIT

Bibit cherry saat ini cukup mudah untuk didapatkan di toko-toko penjual bibit di sekitar Anda. Di toko-toko pertanian biasanya bibit tanaman cherry ini tersedia dalam bentuk bibit dalam polybag siap tanam.

PERSIAPAN POT

Hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan pot adalah pastikan bahwa pot tersebut memiliki lubang di dasar pot yang berfungsi mengalirkan kelebihan air setelah penyiraman agar akar tidak tergenang air dalam waktu yang lama.

Dan jika tanaman cherry dalam pot ini sekaligus ingin dijadikan hiasan, maka gunakanlah pot dengan tampilan yang menarik agar tampak lebih indah dan menyenangkan.

PERSIAPAN MEDIA TANAM

Komposisi media tanam yang digunakan adalah campuran tanah gembur yang subur, pupuk kandang/kompos dan arang sekam padi dengan perbandingan 1:1:1,  campurkan bahan-bahan tersebut dengan mengaduknya hingga merata. Jika ada tambahkan fungisida atau insektisida biologi secukupnya agar media tanam bebas jamur dan hama yang merugikan dan berbahaya bagi tanaman.

Related Post

TAHAP PENANAMAN BIBIT

Sebelum memasukkan media tanam pada pot, letakkan pecahan genteng atau batu bata pada dasar pot, satu lapis saja. Kemudian isi pot dengan media tanam yang sudah disiapkan hingga setengah tinggi pot.

Masukkan bibit ke dalam pot, buka polybag bibit tanaman, lakukan dengan hati-hati dan usahakan media tanam dalam polybag tidak pecah, jika bibit dari hasil cangkok, buka plastik penutup cangkokan, letakkan tepat di tengah-tengah pot, atur peletakan agar tanaman tegak lurus/tidak miring, timbun dengan media tanam yang sama hingga pangkal batang.

Padatkan perlahan media tanam di sekitar pangkal batang, pastikan tanaman sudah kuat tertopang, kemudian siram dengan air hingga jenuh untuk mempertahankan kelembaban.

Agar tanaman tidak stres dan mati setelah dipindah tanam pada pot, caranya adalah pada saat penyiraman setelah penanaman, tambahkan garam inggris ke dalam air untuk menyiram tersebut dengan dosis 1 sendok makan per liter air.

Letakkan pot pada tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari secara langsung selama 1-3 minggu, karena tanaman yang baru ditanam tersebut tidak tahan jika langsung mendapat sinar matahari yang terik. Dan setelah tanaman beradaptasi dengan baik, yang ditandai dengan tumbuhnya tunas-tunas baru tanaman sudah bisa diletakkan di tempat yang panas.

Letakkan pula ditempat yang aman dari gangguan seperti ayam, kucing, anak-anak dan sebagainya karena jika pot terguncang-guncang dapat mengganggu pertumbuhannya, terutama pada tanaman yang baru ditanam.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Cherry Dalam Pot, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman buah cherry ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Kebun Indra Tarigan