Nanas, nenas, atau ananas ( Ananas comosus ) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay, tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan atau Famili Bromeliaceae, merupakan jenis buah yang bisa dijadikan bahan rujakan atau sebagai pelengkap masakan.

Tanaman nanas sangat cocok hidup di daerah dataran tinggi, sama halnya dengan buah yang mempunyai rasa manis asam lainnya seperti strawberry, jeruk, buah naga dan sebagainya, namun sebenarnya nanas juga bisa tumbuh di dataran rendah, hanya saja tanaman nanas yang tumbuh di dataran tinggi lebih berkualitas dibandingkan yang tumbuh di dataran rendah.

Dapat disimpulkan bahwa buah nanas sangat cocok dibudidayakan di daerah beriklim tropis, memiliki tanah yang gembur dan subur atau tanah lebuh yang berpasir atau bisa juga dari tanah vulkanis baik itu di dataran tinggi ataupun rendah, dan juga tanah yang berunsur organik, terkena sinar matahari langsung kurang lebih selama 9 jam/hari, berada pada daerah bersuhu 23-32°C dengan pH tanah 5,7-7.

PEMBIBITAN

Pembibitan atau perbanyakan tanaman nanas yang baik dapat dilakukan dengan 3 cara.

  • Hasil Anakan

Pembibitan dapat dilakukan dengan menggunakan hasil anakan, pilihlah anakan dari tanaman yang berkualitas yang ditandai dengan bentuk buah yang bagus dan berbobot, agar nantinya tumbuh menjadi tanaman yang baik dan berkualitas unggul.

  • Vegetatif

Dalam pembibitan dengan cara vegetatif, bibit bisa diambil dari tunas buah, tunas akar, tunas batang, mahkota buah dan stek batang. Namun kebanyakan petani nanas jarang yang menggunakan cara vegetatif dengan mengambil tunas batang, karena akan membutuhkan waktu yang lama dalam penanaman dan juga pertumbuhannya.

  • Generatif

Perbanyakan tanaman nanas dengan cara generatif yaitu perbanyakan tanaman menggunakan biji buah nanas. Lantas, apakah ada biji nanas ? Jawabnya ada, namun untuk membentuk biji, bunga harus berpolinasi, dan bunga-bunga nanas itu tidak bisa melakukan penyerbukan sendiri sekalipun tumbuhnya saling berdesakan, akan tetapi harus mengandalkan bantuan burung. Tindakan penyerbukan bisa mengurangi mutu buah nanas. Maka nanas yang di pasaran rata-rata sudah direkayasa, dihilangkan kemampuannya untuk menghasilkan biji. Jika kita mendapatkan nanas organik dari bibit  yang masih asli, waktu mengupas kulit nanas akan ditemukan biji-biji sebesar kutu beras, itu adalah biji nanas, yang bisa ditanam dan tumbuh jadi pohon. (sandspeak.blogspt.com)

Untuk memperoleh bibit yang berkualitas maka perlu dipilih dari induk tanaman yang sehat, tidak cacat dan tanaman yang tidak mudah terserang penyakit, ciri fisik tanaman nanas yang sehat adalah tanaman nanas yang memiliki daun tebal, hal ini menunjukkan bahwa tanaman nanas tersebut sangat sehat.

 

Pada kesempatan kali ini akan kita ulas Cara Menanam Buah Nanas Dalam Pot dengan menggunakan bibit dari mahkota buahnya, berikut ini langkah-langkahnya :

  • Pisahkan mahkota dari buah nanas, bersihkan sisa-sisa buah yang masih menempel pada pangkal/bonggol mahkota, karena sisa buah akan membusuk dan dapat menyebabkan penyakit pada tanaman.
  • Buang beberapa helai daun mahkota pada bagian bawah/bonggol terutama yang terlihat sudah menua.
  • Cucilah bonggol/pangkal mahkota hingga bersih dari lendir sisa daging buah, dan keringkan di tempat teduh dan terhindar dari sinar matahari
  • Rendam bonggol pada larutan bawang merah selama 8 jam, sebagai perangsang tumbuhnya akar. Yang perlu diperhatikan adalah perendaman cukup pada bonggolnya saja dan jangan sampai mengenai daun/mahkota.
  • Untuk menumbuhkan akar rendam pangkal mahkota pada air biasa pada wadah berupa gelas atau yang lainnya, dan biasanya setelah perendaman selama 2 minggu, akar-akar akan tumbuh. Yang perlu diperhatikan adalah perendaman cukup pada bonggolnya saja dan jangan sampai mengenai daun/mahkota agar mahkota tidak busuk.
  • Siapkan media tanam berupa campuran tanah yang gembur, pupuk kandang, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1:1
  • Siapkan pot berukuran sedang, dengan syarat memiliki lubang drainase pada bagian bawahnya, dan juga memiliki kaki-kaki, jika tidak ada maka bisa digunakan batu bata atau lainnya untuk menggantikan kaki.
  • Sebelum memasukkan media tanam ke dalam pot, berikan alas pada dasar pot menggunakan pecahan bata atau genting, kemudian masukkan media tanam hingga hampir penuh kemudian siram dengan air secukupnya.
  • Buat lubang tanam pada tengah pot dengan ukuran disesuaikan dengan ukuran mahkota yang akan ditanam, kemudian tanam mahkota secara hati-hati agar akanya tidak patah, timbun hingga bonggol benar-benar tertutupi media tanam lalu letakkan pot pada area yang terkena sinar matahari.
  • Lakukan penyiraman secara rutin setiap 3-7 hari sekali. Hindari penyiraman yang terlalu sering dan banyak karena akan menyebabkan tanaman nanas menjadi mudah busuk.
  • Lakukan pemupukan tiap 3-4 bulan sekali agar tanaman nanas subur dan sehat. Jika perawatan dilakukan dengan baik, tanaman nanas akan mulai berbuah pada umur sekitar 2 tahun.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Menanam Buah Nanas Dalam Pot, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda, selamat bercocok tanam….

Untuk membeli bibit, benih, pupuk, pestisida maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube Taman Inspirasi