Bibit durian yang baik sangat menentukan kelanjutan dalam tahapan-tahapan pertumbuhan dan produktivitas tanaman durian.

Menurut sebuah pengamatan, tanaman durian unggul di Indonesia 70% mengalami kematian sebelum berbuah, sedangkan 30% sisanya dapat hidup akan tetapi hanya 7% yang dapat berbuah secara optimal.

Dari 70% kematian, 50% diantaranya mati karena kanker batang sedangkan 20% sisanya disebabkan oleh hal-hal yang lain termasuk juga kualitas bibit.

Oleh karena itu dalam budidaya durian harus melakukan pemilihan bibit yang baik agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan berproduksi secara optimal.

Adapun cara memilih bibit durian yang baik kami rangkum dalam 5 hal berikut ini :

  1. Pilih batang bibit yang sudah cukup tua, karena bibit yang batangnya masih muda meskipun tanamannya sudah tinggi, perakaran belum banyak dan juga belum siap.
  2. Apabila bibit durian berkaki ganda baik itu berkaki 3,4 atau 5 maka pilihlah bibit yang ukuran kakinya seragam/sama besar.
  3. Pilih bibit yang bercabang banyak dan utuh memutari batang ke segala arah, karena dengan begitu akan didapatkan cabang produksi yang banyak pula. Hindari memilih bibit yang cabangnya tidak memutari batang atau mengumpul seperti kipas.
  4. Sudah bermunculan tunas pada semua cabang karena hal ini menandakan bahwa perakaran sudah tumbuh dan bekerja dengan baik.
  5. Entres/batang atas yang berkualitas, untuk mengetahuinya bisa anda tanyakan pada penjual bibit atau jika memungkinkan datanglah ke petani pembuat bibit untuk mengetahui secara langsung kualitas indukan yang dibuat untuk entres/batang atas, tanyakanlah tentang kualitas dan ketuaan indukan dan apakah indukan tersebut sudah pernah berbuah atau belum.

Demikian ulasan mengenai cara memilih bibit durian yang baik, dengan tujuan agar tepat dalam memilih bibit sehingga bibit dapat tumbuh dengan baik dan berproduksi secara optimal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda , selamat bercocok tanam…

Untuk membeli bibit durian maupun perlengkapan pertanian  lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube Kebun Dumont