Mimba (Azadirachta indica A. Juss; Meliaceae), merupakan salah satu tumbuhan sumber bahan pestisida, lebih tepatnya pestisida nabati yang dapat dimanfaatkan untuk pengendalian hama. Tanaman mimba tersebar di daratan India, sedangkan di Indonesia tanaman ini banyak ditemukan di sekitar provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan NTB.

Bagian tanaman mimba yang dapat digunakan sebagai pestisida nabati adalah daun dan bijinya. Ekstrak daun dan biji mimba mengandung senyawa aktif utama azadirachtin. Selain bersifat sebagai insektisida, mimba juga memiliki sifat sebagai fungisida, virusida, nematisida, bakterisida, maupun akarisida.

Untuk mengetahui Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Mimba silakan simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

BAHAN DAN ALAT

  • 500 gram daun mimba
  • 1 sendok makan sabun cair pencuci piring
  • 1 liter air bersih
  • Blender atau alat penumbuk.
  • Ember atau baskom.
  • Saringan.

PROSOS PEMBUATAN

Haluskan daun mimba dengan cara ditumbuk atau di blender, untuk memudahkan dalam pemblenderan tambahkan ½ liter air bersih. Setelah halus masukkan ke dalam wadah semacam baskom atau ember. Tambahkan 1 sendok makan sabun cair, aduk hingga merata.

Fungsi sabun cair yaitu untuk merontokkan lapisan lilin/lemak pada hama sehingga fungsi pestisida nabati lebih optimal pada jasad sasaran. Karena dari beberapa jenis hama memiliki lapisan lilin/lemak pada tubuhnya sehingga kebal terhadap air.

Kemudian diamkan selama 24 jam sebelum digunakan.

Saring untuk memisahkan ampas dan air ekstrak daun mimba, penyaringan dilakukan sebanyak 2-3 kali, setelah penyaringan pertama tambahkan ½ liter air pada ampas kemudian lakukan penyaringan yang ke 2 dan seterusnya. Tujuan penyaringan agar terbebas dari ampas dan nantinya tidak menyumbat sprayer.

Masukkan ekstrak daun mimba ke dalam wadah semacam botol untuk penyimpanan, atau bisa juga langsung digunakan. Jika tidak langsung digunakan ekstrak daun mimba ini dapat disimpan selama 1 bulan dan letakkan di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung.

Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan pestisida ekstrak daun mimba dengan dosis 100 ml per liter air, kemudian semprotkan ke seluruh bagian tanaman.

Pestisida ekstrak daun mimba ini dapat digunakan pada semua jenis tanaman, manfaatnya untuk mencegah atau mengendalikan hama dan penyakit, sasaran utamanya adalah jenis hama penghisap, pemakan daun serta hama jenis kutu-kutuan. Bahan aktif mimbin yang terkandung didalamnya berfungsi sebagai fungisida dan bakterisida yang dapat mengendalikan penyakit pada tanaman.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Mimba, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pestisida ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Agoes Farming