Lubang tanam pada tanaman durian sangat menentukan perkembangan awal bibit durian setelah ditanam di lahan, karena media tanam pada lubang tanam merupakan tumpuan hidup pada awal masa pertumbuhan bibit tanaman durian di lahan.

Oleh sebab itu pembuatan lubang tanam sangat disarankan untuk dipersiapkan dengan baik dan benar.

Berikut ini ulasan mengenai cara membuat lubang tanam durian yang ideal, baik dan benar :

Dalam pembuatan lubang tanam durian terdapat beberapa macam saran dan pendapat dalam menentukan ukurannya, diantaranya adalah 80x80x80 cm, akan tetapi pada kesempatan kali ini kita akan membuat lubang tanam dengan ukuran 1x1x1 meter, mengapa demikian ? karena dengan ukuran yang lebih lebar maka media tanam yang dimasukkan pada lubang tanam akan lebih banyak sehingga cadangan makanan yang baik bagi perkembangan awal bibit durian juga lebih banyak.

Gali tanah pada lahan dengan ukuran yang telah ditentukan yaitu panjang dan lebar 1 m dan kedalaman 1 m. Pada saat penggalian pisahkan tanah galian ¾ bagian atas dan ¼ bagian bawah.

Tanah galian 3/4 bagian atas dicampur dengan pupuk dasar untuk dijadikan media tanam.

Adapun pupuk dasar yang digunakan adalah pupuk petroganik dengan dosis 4 gayung ( ukuran 1,5 liter ), 15 kg pupuk organik, TSP 3 gayung dan dolomit 2 gayung. Campurkan semua bahan dengan tanah galian ¾ bagian atas aduk hingga merata.

Setelah dicampur hingga merata, masukkan pada lubang tanam, siram media tanam dengan air secukupnya agar bahan-bahan pupuk dasar dapat terurai dengan baik.

Diamkan hingga minimal 2 minggu dan lubang tanam siap ditanami bibit durian.

Adapun ¼ tanah galian yang masih tersisa digunakan untuk penutup lapisan atas setelah dilakukan penanaman bibit, tujuannya untuk menutupi tanah agar tidak segera tumbuh rumput atau gulma, karena pada tanah galian 1/4 bagian bawah tidak terdapat biji-biji gulma dan akar-akar rumput sehingga lebih lama untuk tumbuh rumput dan gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan bibit durian.

Demikian ulasan mengenai cara membuat lubang tanam durian, semoga bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit durian, pupuk, pestisida, maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube Kebun Dumont