Tanaman strawberry merupakan tanaman buah-buahan, ditemukan pertama kali di Chili Amerika. Terdapat beberapa spesies dari tanaman strawberry, adapun strawberry yang pertama kali memasuki Indonesia adalah jenis spesies F. vesca L. dalam genus fragaria, jenis strawberry ini adalah yang terluas penyebarannya di banyak negara.

Penanaman strawberry di Indonesia sudah lama dirintis sejak zaman kolonial Belanda, akan tetapi pengembangannya masih dalam skala kecil. Di Indonesia strawberry banyak ditemukan di daerah berhawa sejuk seperti di Lembang Bandung.

Strawberry yang paling banyak dibudidayakan adalah varietas Oso Grande, karena lebih tahan lama sehingga lebih menguntungkan petani, sementara yang buahnya besar adalah varietas Sweet Charlie namun buahnya tidak tahan lama.

Bagian yang dikonsumsi dari buah strawberry mencapai 98%. Diantara banyak manfaat buah strawberry adalah warna merah pada buahnya, disebabkan karena pigmen warna antosianin yang dapat menjadi antioksidan yang tinggi, menyebabkan strawberry dapat digunakan untuk menanggulangi masalah penyakit akibat radikal bebas, stroke dan proses penuaan alias berkhasiat sebagai anti keripit. Maka tak jarang hasil olahan strawberry digunakan pada berbagai produk perawatan kecantikan.

Strawberry merupakan buah-buahan yang mengandung gula rendah, sehingga cocok untuk diet penderita diabetes, melawan encok serta radang sendi juga mampu menyusutkan kadar kolesterol.

CARA PERBANYAKAN TANAMAN STRAWBERRY

Perbanyakan tanaman strawberry dapat dilakukan dengan biji dan stek, perbanyakan menggunakan biji akan memakan waktu yang cukup lama, maka dari itu untuk mendapatkan tanaman strawberry yang cepat berbuah, perbanyakannya dilakukan dengan cara stek. Stek tanaman strawberry berbeda dengan tanaman lain dimana batang stek dipotong lalu ditanam, akan tetapi seperti melakukan perundukan tanaman dengan memanfaatkan sulur. Berikut ini tahapan-tahapan stek tanaman strawberry menggunakan sulur :

Terlebih dahulu siapkan peralatan dan bahan, diantaranya adalah :

  • Polybag
  • Media tanah yang gembur ditandai dengan warna kehitam-hitaman dan jika ditekan mudah buyar
  • Pupuk kandang
  • Pupuk NPK
  • Sekam padi
  • Air

Media tanam untuk stek strawberry terdiri dari campuran, tanah, pasir, pupuk kandang dan sekam padi kemudian masukkan ke dalam polybag, siram dengan air secukupnya dan diamkan selama sekitar 30 menit.

Pilih tanaman strawberry yang sehat dan terhindar dari penyakit untuk dijadikan indukan, terutama pilih yang memiliki sulur.

Pilih sulur yang sempurna, tidak cacat dan terlihat tumbuh akar, letakkan dan sedikit benamkan dengan hati-hati bagian yang terlihat tumbuh akar pada permukaan polybag yang telah disiapkan.

Jika sulur panjang bisa digunakan untuk beberapa stek, agar sulur tidak bergeser maka jepitlah sulur dengan belahan bambu semacam tusuk sate pada setiap stek untuk setiap polybag.

Diamkan hingga sulur stek tumbuh dan kuat pada polybag biasanya sekitar 1 minggu.

Setelah itu sulur sudah dapat dipotong dan menjadi tanaman baru, rawat dengan baik hingga tanaman strawberry siap dipindahkan ke media pembesaran.

PEMELIHARAAN TANAMAN

Lakukan penyulaman pada tanaman yang mati atau pertumbuhannya tidak normal, dan dilakukan sebelum tanaman berumur 15 hari setelah penanaman.

Penyiangan dilakukan pada tanaman strawberry, adapun waktunya tergantung pertumbuhan gulma dan biasanya dilakukan saat pemupukan susulan.

Pemangkasan dilakukan pada tanaman strawberry yang terlalu rimbun atau terlalu banyak daun terutama daun yang tua dan rusak.

Peremajaan tanaman strawberry sebaiknya dilakukan setiap 2 tahun.

Pemupukan menggunakan pupuk NPK dilakukan setelah tanaman strawberry berumur 2 bulan setelah tanam, pemupukan sebaiknya dilakukan dengan dikocor dimana pupuk NPK ditambah sedikit air terlebih dahulu. Pupuk susulan dilakukan jika pertumbuhan tanaman kurang baik. Dalam pemupukan disarankan pula diselingi dengan pupuk kandang.

Sampai tanaman berumur 2 minggu, penyiraman dilakukan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari, untuk selanjutnya penyiraman berangsur dikurangi dengan syarat tanah tidak kering. Penyiraman dilakukan secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan pula terlalu basah karena dapat menyebabkan pembusukan pada akarnya.

Usahakan tanaman strawberry terpapar sinar matahari dari pagi sampai sore. Jika tempat penanaman terlalu panas, bisa dipasang paranet dengan kerapatan sedang.

Tanaman strawberry sangat rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Hama tanaman strawberry adalah kutu daun, tungau, kumbang penggerek daun dan kutu putih, pengendaliannya dapat dilakukan penyemprotan menggunakan insektisida.

Sedangkan penyakit tanaman strawberry diantaranya kapang kelabu, daun gosong, busuk daun dan virus, pengendaliannya dapat dilakukan dengan penyemprotan fungisida.

Lindungi tanaman strawberry dari gangguan burung merpati yang menyukai tanaman tersebut.

Anakan strawberry hasil stek sulur akan mulai berbunga ketika sudah berumur 2 bulan setelah penanaman, bunga pertama strawberry sebaiknya dibuang, dan setelah tanaman berumur 4 bulan maka bunga dibiarkan tumbuh menjadi buah.

Jika pada periode pembungaan dan pembuahan dilakukan perawatan dengan baik, tanaman strawberry dapat berbuah produktif selama 2 tahun tanpa henti.

PEMANENAN

Ciri buah strawberry yang sudah siap dipanen yaitu buah yang sudah kenyal dan empuk, kulit buah didominasi warna merah, hijau hingga kuning kemerahan, buah sudah berumur 2 minggu sejak pembungaan atau 10 hari setelah awal pembentukan buah.

Panen strawberry dilakukan dengan menggunting bagian tangkai buah, pemanenan dapat dilakukan 2 kali dalam seminggu.

Produktivitas tanaman strawberry tergantung dari varietas dan teknik budidayanya.

PENANGANAN PASCAPANEN

Pascapanen strawberry, hal penting yang harus dilakukan adalah pengumpulan dan penyortiran atau penggolongan buah menurut hasil kualitas buah.

Pada tahap pengumpulan buah disimpan dalam suatu wadah dengan hati-hati agar tidak memar, simpan di tempat teduh atau dibawa langsung ke tempat penampungan hasil.

Cuci buah dengan air mengalir dan tiriskan di atas rak-rak penyimpanan.

Tahap penyortiran, pisahkan buah yang rusak dari buah yang baik, penyortiran buah berdasarkan pada varietas, warna, ukuran dan bentuk buah.

Tahap pengamanan dan penyimpanan, buah dikemas dalam plastik transparan disimpan dalam lemari es dengan temperatur 0-1┬░C

Strawberry merupakan salah satu komoditas buah-buahan yang terpenting di dunia, terutama untuk negara tropis, daya serap pasar yang semakin tinggi berarti agribisnis strawberry mempunyai prospek yang cerah. Saat ini produksi buah strawberry di dunia mencapai hasil 65.000 ton per tahunnya. Negara produsen dan pengekspor strawberry  terbesar masih dipegang negara Amerika Serikat, Jepang, Meksiko, Polandia dan Italia.

Meski budidaya strawberry semula didominasi daerah beriklim subtropis, tetapi seiring dengan perkembangan teknologi pertanian, pengembangan tanaman strawberry di daerah tropis seperti Indonesia pun sudah dapat dilakukan. Pengembangan komoditas strawberry terbuka sebagai salah satu sumber pendapatan para petani Indonesia

Demikian ulasan mengenai cara menanam strawberry di polybag, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih strawberry maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube TVRI Jogja