Cara Membuat Asam Humat Cair Dari Eceng Gondok

Asam humat merupakan salah satu senyawa fitohormon yang mempunyai banyak manfaat dalam dunia pertanian, karena kemampuan asam humat ini dalam menyuburkan tanah dan tanaman sudah tidak diragukan lagi.

Asam humat ini bisa memperbaiki struktur tanah baik sifat fisik, kimia serta biologi tanah, dan menumbuhkan mikroorganisme lagi seperti habitat aslinya sehingga akan menyuburkan tanah itu sendiri.

Asam humat ini juga akan meningkatkan hasil produksi tanaman hortikultura, tanaman pangan, kelapa sawit ataupun tanaman-tanaman lainnya sampai di atas 20%, baik itu di lahan persawahan, perkebunan bahkan pot atau polybag sekalipun. Asam humat ini juga bisa meningkatkan kesehatan tanaman sehingga lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Dengan menggunakan asam humat ini juga akan menghemat dalam biaya pemupukan dan pemeliharaan tanaman.

Dibalik dari banyaknya manfaat yang diperoleh dari asam humat ini, ternyata proses pembuatannya cukup mudah bahkan dapat kita buat sendiri dengan cara dan bahan utama yang mudah didapatkan yaitu eceng gondok. Untuk mengetahui Cara Membuat Asam Humat Cair Dari Eceng Gondok selengkapnya, silakan simak penjelasannya berikut ini.

BAHAN DAN ALAT

  • 5 kg eceng gondok cacah halus
  • 10 liter air bersih
  • 3 tutup botol EM4 pertanian
  • 100 gram gula merah atau air gula pasir yang dilarutkan ke dalam air atau bisa juga menggunakan molase.
  • Ember yang memiliki tutup

TAHAP PEMBUATAN

Siapkan 10 liter air bersih dalam ember, masukkan 5 kg eceng gondok yang telah dicacah halus.

Campurkan 3 tutup botol cairan EM4 dengan air gula atau molase, aduk rata dan diamkan beberapa saat agar bakteri dorman dalam EM4 aktif kembali.

Related Post

Campurkan larutan EM4 dan molase dengan bahan lainnya ke dalam ember, aduk hingga merata kemudian tutup rapat. Letakkan di tempat teduh terhindar dari sinar matahari dan hujan.

Lakukan pengadukan setiap beberapa hari sekali agar proses penguraian lebih cepat dan merata. Dan setelah 3-4 minggu, asam humat cair sudah siap digunakan.

CARA PENGGUNAAN

Sebelum digunakan, saring terlebih dahulu untuk memisahkan cairan asam humat dan ampasnya. Ampas dari pembuatan asam humat ini dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos.

Penggunaan asam humat cair ini cukup hemat karena sebelum diaplikasikan terlebih dahulu dicampurkan dengan air, adapun dosisnya adalah 10 ml/atau sekitar 2 sendok makan untuk dilarutkan ke dalam 1 liter air kemudian disiramkan ke tanaman dengan interval pemberian 1 minggu sekali.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Asam Humat Cair Dari Eceng Gondok, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk organik, ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Kebun Indra Tarigan