Cara Membuahkan Jambu Kristal

Siapa saja yang menanam jambu kristal tentu berharap agar cepat berbunga dan berbuah, namun terkadang jambu kristal yang ditanam tersebut justru tidak kunjung berbuah dan jika berbuah malah mengalami kerontokan.

Nah, agar jambu kristal yang ditanam dalam pot lebih cepat berbuah dan tidak rontok, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Berikut ini penjelasan mengenai Cara Membuahkan Jambu Kristal yang ditanam dalam pot atau polybag dan juga untuk mencegah kerontokan.

MEDIA TANAM

Pada dasarnya media tanam jambu kristal dalam pot dengan menggunakan komposisi tanah dan pupuk kandang ataupun tanah dan sekam padi sudah cukup baik. Namun untuk mendapatkan tanaman jambu kristal yang lebih cepat berbuah dan tumbuh subur, maka media tanam yang digunakan haruslah baik, agar bisa menghasilkan buah sesuai harapan.

Media tanam yang baik untuk tanaman jambu kristal yang ditanam dalam pot atau polybag adalah campuran dari tanah, pupuk kandang fermentasi dan arang sekam padi dengan perbandingan 1:1:1.

PEMANGKASAN PUCUK

Pemangkasan pucuk pada tanaman jambu kristal ini berfungsi untuk memunculkan bunga dan buah. Pemangkasan pucuk ini sangat penting untuk dilakukan agar tanaman jambu kristal bisa menstimulasi keluarnya tunas baru yang yang juga membawa bunga sehingga bisa berbuah dengan maksimal. Pemangkasan ini dilakukan secara periodik yaitu setiap 1 bulan sekali.

Selain itu pemangkasan pucuk juga perlu dilakukan pada pucuk yang tumbuh di sekitaran calon buah, hal ini bertujuan agar suplai nutrisi terfokus pada pertumbuhan buah dan tidak terbagi dengan pertumbuhan pucuknya.

Related Post

Agar buah dapat tumbuh maksimal, dalam satu batang cukup sisakan dan pelihara 1 calon buah saja dan pangkas calon buah yang lainnya.

PENYIRAMAN

Penyiraman tanaman jambu kristal dilakukan secara rutin setiap 2 hari sekali, dan apabila musim hujan, penyiraman dapat dihentikan. Dan untuk mencegah calon buah jambu kristal rontok maka penyiraman harus dilakukan pada sore hari, dan hindarilah melakukan penyiraman pada pagi hari. Ini sesuai dengan pengalaman petani jambu di lapangan dimana salah satu penyebab kerontokan calon buahnya adalah penyiraman yang dilakukan pada pagi hari.

PEMUPUKAN DAN PERAWATAN MEDIA TANAM

Pemupukan jambu kristal dalam pot dilakukan dengan interval setiap 10 hari sekali menggunakan pupuk NPK 16-16-16, atau bisa juga menggunakan pupuk semprot seperti pupuk Gandasil yang bisa diaplikasikan pada pagi hari yaitu sekitar jam 7-8 pagi.

Perawatan media tanam yang dilakukan yaitu pembalikan dan penggemburan media tanam dalam pot agar media tetap dalam keadaan gembur dan lunak. Hal ini penting untuk dilakukan setiap 1 bulan sekali hingga tanaman jambu kristal menjadi tumbuh subur dan berbuah dengan lebat.

Demikian ulasan mengenai cara membuahkan jambu kristal, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman jambu kristal ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Sunda Berkarya