Cara Membasmi Ulat Grayak Pada Tanaman Cabe

Ulat yang sering menyerang tanaman cabe diantaranya adalah ulat grayak (Spodoptera litura). Ulat grayak ini biasanya memakan daun sampai bolong-bolong sehingga mengganggu kemampuan fotosintesis tanaman. Pada tingkat yang parah ulat grayak memakan habis seluruh daun dan hanya menyisakan tulang-tulang daun saja.

Kedua jenis ulat ini sangatlah merugikan karena menyerang tanaman secara bergerombol dan masif.

Ulat ini menyerang saat matahari teduh terutama pada malam hari, ketika matahari bersinar terik, ulat ini bersembunyi di pangkal tanaman juga berlindung di balik mulsa yang menyebabkan ulat ini bisa lolos dari penyemprotan.

Jika hanya beberapa tanaman yang terserang ulat daun bisa dipungut dan musnahkan. Apabila serangan cukup banyak dapat diatasi dengan melakukan penyemprotan insektisida.

Untuk mengetahui penjelasan selengkapnya mengenai Cara Membasmi Ulat Grayak Pada Tanaman Cabe silakan simak artikelnya berikut ini.

Untuk mengatasi ulat grayak pada tanaman cabe dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu cara teknis dan kimiawi.

Related Post

PENGENDALIAN TEKNIS

Pengendalian dengan cara teknis yaitu memunguti ulat secara menyeluruh dan dilakukan pada malam hari karena pada malam hari lah ulat mulai aktif berkeliaran. Ulat di ambil secara serempak dan menyeluruh, atau bisa juga dipasang perangkap khusus hama tersebut. Selain itu sebagai tindakan pencegahan, selalu jaga kebersihan kebun. Gulma yang ada di parit, bedengan atau bahkan di lubang tanam harus dibersihkan, karena gulma-gulma tersebut bisa menjadi inang dari hama ulat.

PENGENDALIAN KIMIAWI

Pengendalian dengan cara kimiawi yaitu dilakukan dengan menyemprotkan insektisida apabila serangan hama sudah diatas ambang batas. Insektisida yang cukup ampuh untuk mengatasi ulat grayak adalah insektisida dengan bahan aktif metomil 40% seperti merek dagang Dangke 40 WP yang bersifat sistemik, racun konta  k dan lambung. Selain ulat grayak insektisida dangke ini juga ampuh untuk mengatasi ulat buah pada tanaman cabe.

Adapun dosisnya adalah 1,5 – 2 gram per liter air , jadi untuk tangki semprot 16 liter dosisnya yaitu 32 gram atau sekitar 2 sendok makan. Tambahkan perekat pestisida jika penyemprotan dilakukan saat musim hujan agar manfaat insektisida lebih optimal.

Demikian ulasan mengenai cara membasmi ulat grayak pada tanaman cabe, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli insektisida, benih cabe ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube IHSAN PETANI MUDA