Cara Memperbesar Buah Naga

Siapa saja tentu menginginkan tanaman buah naga  yang dibudidayakannya dapat menghasilkan buah yang lebat dan berukuran besar, terutama dalam budidaya untuk tujuan komersil, karena dengan buah naga yang besar tentu harganya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan buah naga yang kecil.

Untuk mendapatkan buah naga yang berukuran besar, di samping melakukan perawatan tanaman pada umumnya juga terdapat cara khusus yang bisa diterapkan.

Di kalangan para petani buah naga cara memperbesar buah naga ini dikenal dengan istilah gibro. Maksud dari gibro ini adalah proses menyemprotkan cairan giberelin acid (GA3) pada buah naga. Tujuan dari penyemprotan giberelin acid ini adalah meningkatkan produktivitas buah naga yang mana dengan aplikasi giberelin acid ini  buah naga akan tumbuh lebih besar.

Fungsi giberelin dalam hal pembesaran buah adalah ketika diaplikasikan pada buah naga maka terjadi pembelahan sel yang terus menerus sehingga tercapailah dampak gigantisme pada buah atau bisa dikatakan buah tumbuh lebih besar dari besarnya buah yang tumbuh secara alami.

Adapun cara memperbesar buah naga dengan mengaplikasikan giberelin acid secara lengkap meliputi dosis, interval aplikasi dan cara aplikasinya adalah sebagai berikut.

Di pasaran giberelin acid atau GA3 ini tersedia dalam berbagai macam bentuk, ada yang berupa serbuk, tablet dan cair.

Sebelum diaplikasikan, giberelin acid ini harus dilarutkan terlebih dahulu dengan air bersih, karena jika asal dalam menggunakan air, sisa larutan yang belum digunakan akan berbau tidak sedap. Selain itu penggunaan air bersih juga lebih aman bagi sprayer agar tidak tersumbat.

Related Post

Sedangkan untuk dosisnya sesuaikan saja dengan saran yang tertera pada label kemasan, dan untuk aplikasi pada musim hujan, tambahkanlah perekat sesuai dosis anjuran agar tidak memberikan dampak negatif pada buah naga tersebut.

Cara aplikasinya yaitu dengan cara menyemprotkan larutan giberelin acid pada buah, cukup 1 kali spray tidak perlu diratakan ke seluruh bagian bah, sehingga penggunaannya cukup hemat dan cukup menggunakan hand sprayer saja.

Aplikasi giberelin acid ini cukup 2 kali hingga buah dipanen, aplikasi pertama dilakukan pada usia buah 18-20 hari setelah penyerbukan sedangkan aplikasi ke 2 dilakukan 2-3 hari setelah penyemprotan pertama.

Secara alami buah naga sudah matang pada usia 30 hari, sedangkan dengan aplikasi giberelin acid ini buah naga dipanen lebih lama yaitu pada usia 40 hari, pada usia ini buah sudah merah 60% lebih, karena fungsi giberelin acid ini salah satunya adalah memperpanjang masa kematangan buah, sehingga memperpanjang daya simpan buah dan ini lebih banyak disukai oleh para penjual buah di pasaran.

Demikian ulasan mengenai cara memperbesar buah naga, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman buah naga ataupun perlengkapan pertanian lainnya siakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Petani Melenial