Banyak dari para pembeli bibit durian atau bibit lainnya yang mengeluhkan jika bibit yang mereka beli mudah layu dan bahkan mati setelah ditanam, padahal di tempat pembibitan bibit tumbuh dengan baik.

Setelah diteliti dengan seksama ternyata salah satu faktor penyebabnya adalah kesalahan dalam penanganan bibit tersebut pasca pembelian.

Untuk menghindari kesalahan dalam penanganan bibit, sehingga resiko kematian tanaman dapat diminimalisir mari simak tips penanganan bibit durian pasca pembelian berikut ini.

  • Perhatikan bibit, jika bibit masih mempunyai daun muda jangan tanam bibit terlebih dahulu, akan tetapi biarkan bibit tetap dalam polybag dan tunggu hingga daun muda tersebut menjadi tua, kemudian bibit bisa ditanam pada lahan atau pot.
  • Untuk hasil yang lebih baik setelah daun muda menjadi tua, diamkan hingga trubus kembali dan tunggu sampai daun muda menjadi tua, atau bisa dikatakan bibit bisa ditanam setelah dua tahap pertumbuhan daun.
  • Langkah diatas dilakukan agar tanaman yang masih mempunyai daun muda melakukan adaptasi dengan kondisi alam sekitar penanaman, karena bisa jadi kondisi alam tempat anda menanam berbeda dengan lokasi pembibitan tempat anda membeli bibit tersebut, hal ini dilakukan agar tanaman tidak stres.
  • Adapun waktu penanaman yang baik adalah sore hari.

Karena bibit yang masih mempunyai daun muda jika langsung ditanam akan stres kemudian layu bahkan mati. 

Demikian penjelasan mengenai tips penanganan bibit durian pasca pembelian, semoga bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit durian ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube grafting tree