Sambung Pucuk Jeruk Usia Dini

Untuk melakukan sambung pucuk pada bibit jeruk, umumnya menunggu hingga bibit tersebut paling tidak sudah memiliki diameter batang sebesar pensil, ini tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama, kurang lebihnya sampai 6-7 bulan usia bibit. Namun seiring berjalannya waktu, banyak petani yang mencoba melakukan sambung pucuk pada bibit jeruk yang masih berusia muda/usia dini dengan diameter batang yang masih kecil dan berhasil.

Lalu apa perbedaannya dengan sambung pucuk pada umumnya? Sebenarnya cara melakukan penyambungannya hampir sama, akan tetapi karena yang disambung adalah bibit jeruk usia dini yang masih muda, maka memerlukan teknik khusus untuk menunjang keberhasilannya.

Untuk mengetahui bagaimana cara sambung pucuk jeruk usia dini agar dapat berhasil dan mendapatkan bibit yang baik, berikut ini kami ulas penjelasan selengkapnya.

PERSIAPAN ALAT DAN BAHAN

  • Pisau okulasi, atau pisau apa saja asalkan tajam dan steril
  • Plastik PE 02 atau plastik es lilin untuk mengikat sambungan
  • Batang bawah dan batang atas

PERSIAPAN BATANG BAWAH

Batang bawah yang digunakan untuk grafting disini adalah bibit tanaman jeruk apa saja yang masih berusia dini yang berasal dari persemaian biji, baik itu ditanam di pot atau polybag. Paling tidak sudah memiliki batang dengan diameter 3 mm.

Pilihlah bibit yang sehat, pertumbuhannya bagus, batang tegak dan kokoh.

PERSIAPAN BATANG ATAS/ENTRES

Pohon induk yang akan diambil batang atasnya harus berasal dari varietas unggul, pernah berbuah dengan produktivitas yang baik, sehat serta terbebas dari serangan hama dan penyakit. Bisa menggunakan entres dari jenis buah jeruk apa saja sesuai keinginan atau sesuai stok entres yang tersedia.

Ambil entres dari pohon induk berupa cabang yang daunnya sudah tua, ujungnya tidak sedang tumbuh (tidak terdapat pupus/daun muda/cabang dorman).

Potong entres pilihan kemudian pangkas semua daunnya untuk mencegah penguapan, namun dengan menyisakan ¼ di pangkal daun.

TAHAP PENYAMBUNGAN

  • Potong batang bawah kurang lebih 8-10 cm dari pangkal batang, atau jika masih pemula bisa dilakukan pada 20 cm dari pangkal batang, gunanya untuk mengantisipasi jika terjadi kegagalan sambungan, maka masih dapat dilakukan penyambungan dibawah sambungan pertama yang gagal.
  • Batang bagian bawah dibelah sekitar 2,5 cm dengan menggunakan pisau, tepat di tengah hingga kedua sisinya sama.
  • Entres yang sudah siap untuk disambungkan kemudian disayat kanan kirinya agar membentuk lancip seperti baji atau huruf V. Panjang entres kira-kira 10 cm dan minimal memiliki 2 ruas atau mata tunas.
  • Sisipkan pada belahan batang bawah, upayakan ukuran batang atas dan bawah kurang lebih sama, usahakan sambungan serapat mungkin dan tidak terdapat rongga. Namun jika ukurannya tidak sama, mengingat batang bawahnya merupakan batang yang masih kecil, maka salah satu sisinya harus disejajarkan agar antara kulit serta kambiumnya saling menempel.
  • Kemudian ikat sambungan, jika menggunakan plastik es untuk mengikat maka ditarik terlebih dahulu agar memanjang kemudian dibelah menggunakan pisau. Ikat sambungan dengan cara melilitnya yang dimulai dari bagian bawah ke atas.
  • Sungkup sambungan menggunakan plastik es hingga seluruh entres dan sambungan tertutup plastik sungkup, dan ikat bagan bawahnya agar tidak mudah lepas, pengikatan jangan terlalu kencang, berikan sedikit rongga untuk sirkulasi udara.
  • Simpan di tempat yang teduh, terhindar dari sinar matahari secara langsung.
  • Setelah berumur 3 minggu dari penyambungan, jika entres masih hijau menandakan bahwa proses penyambungan berhasil. Dan jika tunas pada entres sudah tumbuh dengan baik dan terlihat sudah menempel sempurna, tali pengikat sudah dapat dibuka.

Demikian ulasan mengenai cara Sambung Pucuk Jeruk Usia Dini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit jeruk maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube Adam Hafiqi