Racun Rumput Pada Tanaman Jagung

Rumput atau rumput liar yang sering tumbuh di sekitar tanaman jagung yang dibudidayakan disebut dengan gulma. Tumbuhnya gulma pada area pertanian ini akan sangat mengganggu pertumbuhan tanaman budidaya, sehingga apabila tidak segera ditanggulangi maka akan berdampak pada rendahnya kualitas hasil pertanian yang dibudidayakan.

Pada tanaman jagung, gulma biasanya akan tumbuh subur bersamaan dengan tumbuhnya tanaman utama yaitu tanaman jagung. Gulma secara langsung bersaing dengan tanaman utama untuk mendapatkan air, unsur hara, cahaya dan faktor tumbuhan lainnya.

Gangguan dan kerugian yang disebabkan oleh gulma diantaranya adalah persaingan perakaran dalam pengambilan unsur hara, persaingan tajuk dalam penerimaan sinar matahari, kenaikan biaya produksi karena menambah tenaga dan waktu dalam penanggulangannya.

Untuk mengatasi gulma pada tanaman padi salah satunya dapat dilakukan dengan pengaplikasian racun rumput atau herbisida. Herbisida yang cukup ampuh untuk mengatasi gulma pada tanaman jagung adalah herbisida sistemik yang selektif terhadap tanaman jagung. Atau bisa dikatakan cara kerjanya spesifik hanya meracuni gulmanya tanpa mengganggu pertumbuhan tanaman jagung baik itu gulma daun sempit atau daun lebar.

Biasanya herbisida untuk tanaman jagung memiliki 2 bahan aktif yaitu mesotrion dan atrazin, dengan perbandingan kira-kira atrazin 500 g/l dan mesotrion 50 g/l. Dan ada tambahan perekat dan perata yang fungsinya agar herbisida bisa merata dan tidak mudah tercuci oleh air, sehingga kerja herbisidanya bisa maksimal.

Jadi biasanya dalam satu paket herbisida terdiri dari 2 botol, 1 botol herbisida (botol yg lebih besar), dan satu botol perekat (botol yang kecil) seperti merek dagang  Calaris 550 SC, Kayabas 555 SC dan sebagainya. Adapun dosisnya sesuaikan saja dengan dosis anjuran yang tertera pada label kemasan.

Related Post

Pada saat penyemprotan usahakan herbisida mengenai semua bagian rumput, jadi gunakanlah settingan semprot yang halus dan tidak perlu khawatir jika terkena tanaman jagungnya karena tidak akan berpengaruh.

Waktu aplikasi herbisida yang paling tepat saat gulma atau rumput masih kecil, atau saat tanaman jagung berumur 1-2 minggu setelah tanam dan dilakukan pada pagi atau sore hari. Dan juga apabila gulma tidak segera dibasmi, maka gulma akan turut serta menyerap makanan/unsur hara yang seharusnya untuk tanaman jagung. Maka dari itu gulma harus dibasmi sejak dini agar tanaman jagung tumbuh subur.

Sedangkan efek dari aplikasi herbisida ini akan terlihat pada hari ke 7 setelah penyemprotan yaitu gulma sudah layu dan mati.

Demikian ulasan mengenai Racun Rumput Pada Tanaman Jagung, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli racun rumput/herbisida, benih jagung ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube NGLUYUR TOK