Pupuk Organik Cair Untuk Anggur

Pupuk untuk tanaman anggur beragam jenisnya, meliputi pupuk kimia pabrikan, pupuk organik padat dan juga pupuk organik cair, pupuk-pupuk tersebut memiliki manfaat yang beragam dan diberikan sesuai dengan fase pertumbuhan tanaman, mulai dari pupuk untuk pertumbuhan tanaman hingga pupuk untuk membuahkan atau merangsang tumbuhnya bunga dan buah.

Nah pada artikel kali ini akan kami ulas mengenai cara membuat pupuk organik cair yang bagus dan telah terbukti ampuh untuk pertumbuhan tanaman anggur.

Pupuk organik cair ini sendiri sangat beragam jenisnya, baik dari bahannya maupun cara pembuatannya, namun pada pembuatan POC kali ini akan kita gunakan bahan sederhana yang mudah diperoleh.

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat pupuk organik cair untuk anggur meliputi bahan, tahapan pembuatan dan juga cara aplikasinya pada tanaman, kami ulas penjelasannya berikut ini.

BAHAN DAN ALAT

  • 5 liter air kelapa
  • 1 gelas bekas air mineral molase
  • 0,5 gelas EM4
  • 1-2 botol yakult, yakult ini selain berfungsi sebagai bakteri pengurai juga agar POC yang dibuat tidak menimbulkan bau busuk yang menyengat.
  • Jerigen

PROSES PEMBUATAN

  • Campurkan semua bahan sesuai takaran tersebut di atas, aduk hingga tercampur merata.
  • Masukkan semua bahan yang telah dicampurkan tersebut ke dalam jerigen, aduk kembali atau kocok hingga merata kemudian tutup rapat.
  • Letakkan di tempat teduh yang lembab dan terhindar dari sinar matahari, diamkan selama 1 bulan untuk proses fermentasi
  • Setelah proses fermentasi selama 1 bulan, pupuk organik cair untuk pertumbuhan anggur siap digunakan.

DOSIS DAN CARA APLIKASI PADA TANAMAN

Cara aplikasi pupuk organik cair ini dilakukan dengan cara mengocorkannya di sekitar pangkal batang dan perakaran tanaman.

Adapun dosisnya adalah 0,5 gelas air mineral  POC untuk dilarutkan ke dalam 10 liter air. Aplikasi pupuk ini harus dilakukan dengan dosis yang tepat agar tidak terjadi overdosis pada tanaman anggur.

Tanaman anggur yang overdosis pupuk ditandai dengan pucuknya yang membelok atau puret atau bahkan pinggir daunnya gosong dan layu.

Namun jika sudah terjadi overdosis bagaimana cara mengatasinya? Caranya cukup mudah yaitu jika terdapat tanda-tanda tanaman overdosis seperti tersebut di atas, segera siram media tanamnya dengan air yang banyak supaya larutan pupuk yang telah terserap pada media tanam tersebut larut terbawa air. Cara ini dapat diterapkan baik itu pohon anggur yang ditanam langsung di lahan ataupun yang ditanam dalam pot. Namun akan lebih mudah dilakukan pada tanaman anggur yang ditanam pada pot daripada yang ditanam langsung pada lahan.

Demikian ulasan mengenai cara membuat pupuk organik cair untuk anggur, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik cair ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Ferdinand Pandu Nirwana