Pupuk Bunga dan Buah Cabe

Saat tanaman cabe sudah memasuki fase generatif atau pembungaan, agar menghasilkan cabe yang lebat dan tidak mudah rontok maka tanaman cabe pada fase ini perlu diberi nutrisi melalui pemupukan.

Pemupukan merupakan proses untuk memperbaiki atau memberikan tambahan unsur-unsur hara pada  tanah, baik secara langsung atau tidak langsung, agar dapat memenuhi kebutuhan bahan makanan pada tanaman, sehingga tanaman dapat tumbuh dan berproduksi secara optimal.

Maka dari itu, selain harus mengetahui jenis-jenis pupuk dan proses penyerapan pupuk tersebut, maka diharuskan pula mengetahui dan memahami cara menggunakan pupuk pada tanaman, sehingga proses pemupukan tersebut bisa lebih efektif dan efisien.

Untuk lebih jelasnya apa saja bahan-bahan pupuk yang dibutuhkan dan bagaimana cara aplikasi serta berapa dosisnya? Berikut ini penjelasan mengenai Pupuk Bunga dan Buah Cabe selengkapnya.

WAKTU PEMUPUKAN

Pemupukan bunga dan buah tanaman cabe dilakukan pada saat tanaman memasuki fase generatif atau fase pembungaan dan pembuahan yaitu pada usia kurang lebih 64 HST.

PUPUK DAN DOSIS

  1. Pupuk NPK Booster, pupuk ini memiliki kandungan N 12%, P 6%, K 22% dengan tambahan unsur yang sangat baik untuk perkembangan tanaman yaitu MgO (magnesium oxide) 3%.
  2. Pupuk KNO3 Putih, pupuk ini dipilih karena memiliki kandungan kalium (K2O) yang cukup tinggi yaitu 45%, sebagaimana telah kita ketahui bahwa pupuk dengan kandungan kalium tinggi dapat mencegah kerontokan bunga dan buah pada tanaman serta meningkatkan hasil panen.

Adapun dosisnya adalah 6 sendok makan  pupuk NPK Booster dan 5 sendok makan pupuk KNO3 Putih, dosis tersebut untuk dilarutkan dengan 15 liter air. Pupuk perlu dilarutkan terlebih dahulu karena pemupukan akan dilakukan dengan cara dikocor/disiramkan.

CARA DAN DOSIS APLIKASI

Larutkan semua pupuk sesuai dosis yang telah disebutkan di atas ke dalam 15 liter air, aduk hingga larut dan tercampur merata. Aplikasikan larutan pupuk tersebut dengan mengocorkan/menyiramkannya di sekitar pangkal batang tanaman dengan dosis 500 ml per tanaman.

Demikian ulasan mengenai pupuk bunga dan buah cabe, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk, benih cabe ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi : Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN