Perawatan Tanaman Melon di Polybag

Melanjutkan dari artikel sebelumnya yaitu cara menanam melon di polybag, pada artikel kali ini Kampus Tani akan membahas mengenai tahapan selanjutnya yaitu perawatan tanaman melon yang ditanam di polybag tersebut.

Perawatan tanaman melon ini penting untuk dilakukan, karena tanpa perawatan, mustahil tanaman melon yang dibudidayakan dapat tumbuh dan berproduksi secara optimal. Terlebih lagi tanaman melon yang ditanam dalam polybag akarnya memiliki keterbatasan dalam memperoleh unsur hara dan air, yaitu hanya pda media dalam polybag saja.

Nah, apa saja yang perlu dilakukan dalam Perawatan Tanaman Melon di Polybag agar dapat tumbuh dan berproduksi secara optimal? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

PEMASANGAN AJIR/RAMBATAN

Siapkan ajir dengan panjang 1,5-2 meter. Ajir dipasang pada saat tanaman melon sudah mulai merambat atau menjalar yang biasanya terjadi pada saat usia tanamanĀ  5-8 HST. Sembari memasang ajir aturlah arah rambatan tanaman melon. Ajir ini bisa dibuat dari belahan bambu atau bahan sejenis lainnya dan ditancapkan pada tanah.

PEMUPUKAN

Pemupukan tanaman melon dalam polybag ini terdiri dari pemupukan dasar dan pemupukan susulan.

Pemupukan dasar dilakukan pada saat memasukkan media tanam pada polybag, adapun pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK Mutiara 16:16:16 dengan dosis 15 gram per polybagnya. Sedangkan untuk pemupukan susulan pupuk yang diaplikasikan adalah pupuk NPK 16:16:16 dan pupuk KNO3 Putih yang diaplikasikan dengan cara kocor. Penting untuk diperhatikan bahwa dalam mengocorkan pupuk jangan sampai mengenai tanaman.

Pemupukan susulan menggunakan pupuk NPK dilakukan pada hari ke 14, 24, 34 dan 44 setelah tanam, dosisnya masing-masing sama yaitu 10 gram per polybag.

Sedangkan untuk pupuk susulan KNO3 diberikan pada hari ke 54 setelah tanam dengan dosis 1 gram per liter.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT

Pengendalian hama tanaman melon dapat dilakukan secara manual yaitu dengan cara membuang hama pada bagian tanaman yang terserang, atau bisa juga dengan mengaplikasikan insektisida sesuai dosis yang tertera pada label kemasan insektisida.

Sedangkan untuk mengendalikan penyakit pada tanaman melon terutama yang diakibatkan oleh jamur patogen, gunakanlah fungisida sistemik dan fungisida kontak secara berselang. Dalam pengaplikasian fungisida ini sebaiknya dengan menambahkan perekat agar daya rekatnya lebih kuat terutama pada saat musim penghujan.

PEMANENAN

Umumnya tanaman melon sudah mulai berbuah pada usia 20 HST, dan buah sudah bisa diseleksi pada usia tersebut untuk dipelihara hingga usia 60 HST.

Ciri buah melon yang sudah siap dipanen adalah warna kulitnya yang mulai putih kekuningan, pada tangkai buah terdapat lingkaran yang retak dan mulai terciumnya aroma harum dari buah melon.

Demikian ulasan mengenai Perawatan Tanaman Melon di Polybag, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih melon, pestisida ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube GT

Bacaan Terkait