Cara Menanam Melon di Polybag

Melon merupakan buah yang termasuk dalam suku labu-labuan. Buah melon biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah. Teksturnya lunak, berwarna putih sampai orange, tergantung kultivarnya.

Melon ini merupakan tumbuhan semusim, merambat tetapi menjalar, tidak memanjat. Daunnya berbentuk menjari dengan lekuk moderat sehingga seperti lingkaran bersudut dan batangnya biasanya tidak berkayu.

Tanaman melon cukup mudah untuk dibudidayakan, bahkan bisa dibudidayakan di halaman rumah dengan menggunakan media polybag ataupun pot.

Untuk mengetahui bagaimana Cara Menanam Melon di Polybag berikut ini kami ulas penjelasannya secara lengkap.

MEMPERSIAPKAN BIBIT

Untuk mendapatkan bibit tanaman melon sangatlah mudah, caranya adalah dengan menyemai biji atau benihnya.

Pilihlah benih yang berkualitas unggul karena memiliki persentase pertumbuhan yang tinggi dan ketahanan yang baik terhadap serangan hama penyakit, sehingga keberhasilan budidayanya lebih besar.

Benih melon berkualitas unggul saat ini cukup mudah diperoleh di toko-toko pertanian sekitar Anda atau bisa juga dibeli dari SentraTani.com.

Sebelum ditanam, benih melon perlu disemai terlebih dahulu agar nantinya saat penanaman di polybag dapat dipilih hanya bibit-bibit yang bagus dan baik pertumbuhannya saja.

Setelah benih siap, rendam benih tersebut dalam larutan fungisida selama semalam atau 12 jam, lalu tiriskan dan diamkan di tempat gelap selama 2 hari sampai benih melon berkecambah.

Tahapan selanjutnya adalah menyiapkan media semai, yaitu berupa tanah gembur yang subur dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 2:1, campurkan dengan mengaduknya hingga merata. Masukkan media semai pada wadah tempat menyemai benih, seperti pot tray, polybag atau baki penyemaian, rapikan permukaannya kemudian ikuti dengan penyiraman.

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan media semai ini adalah usahakan agar media semai tersebut gembur dan porous agar saat penyiraman air mudah mengalir dan tidak mengendap lama dalam media semai tersebut.

Buat lubang tanam untuk meletakan biji melon pada media semai tersebut, letakkan 1 biji pada setiap lubang, berikan jarak dan jangan terlalu rapat, kemudian tutup kembali menggunakan media yang sama dan ikuti dengan penyiraman secukupnya. Penyiraman berikutnya dilakukan setiap 2 hari sekali agar kelembaban media tetap terjaga. Hindarkan persemaian dari sinar matahari secara langsung.

Bibit melon hasil penyemaian benih sudah siap untuk dipindah tanam setelah berumur 2-3 minggu setelah semai. Pada usia tersebut biasanya bibit sudah tumbuh setinggi 10 cm.

TAHAP PERSIAPAN MEDIA TANAM

Sembari menunggu bibit pada persemaian siap tanam, siapkan media tanamnya. Media tanam melon dalam polybag adalah berupa campuran tanah subur serta gembur, arang sekam dan pupuk kandang yang telah matang dengan perbandingan 1:1:1, aduk semua bahan hingga merata.

Masukkan media tanam tersebut ke dalam polybag berukuran 50 hingga hampir penuh, berikan pupuk dasarĀ  berupa pupuk NPK 16:16:16 sebanyak 15 gram per polybag kemudian ikuti dengan penyiraman.

Polybag yang digunakan harus memiliki lubang-lubang di bawahnya untuk mengalirkan kelebihan air penyiraman agar tidak mengendap terlalu lama dalam polybag.

PROSES PENANAMAN

Setelah bibit melon berumur 2-3 minggu, saatnya melakukan penanaman bibit tersebut pada polybag yang telah disiapkan.

Buat lubang tanam pada media dalam polybag, pada setiap polybag cukup dibuat 1 lubang tanam. Cabut bibit dari persemaian dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran. Agar lebih aman caranya dicongkel dan sertakan sedikit media tanam pada bagian akarnya. Dan untuk memudahkan dalam pencabutan bibit maka sebelumnya lakukan penyiraman.

Tanam bibit pada lubang tanam yang telah dibuat dengan sedikit dipadatkan agar bibit erat tertanam dan tidak mudah goyah, kemudian siram secukupnya.

Proses penanaman ini sebaiknya dilakukan pada saat sinar matahari tidak begitu terik yaitu pada pagi atau sore hari.

Dan untuk perawatan selanjutnya seperti pemasangan ajir, pemupukan, pengendalian hama penyakit serta pemanenan, akan kami ulas pada artikel yang akan datang.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Melon di Polybag, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih melon ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube GT

Bacaan Terkait