Tanaman vanili tidak bisa melakukan penyerbukan sendiri meskipun benang sari dan putik berada dalam satu bunga, karena kepala putik tertutup oleh lidah bunga (labellum) yang menghalangi terjadinya penyerbukan secara alami, sehingga proses penyerbukan/perkawinan harus berlangsung dengan bantuan serangga penyerbuk atau manusia.

Bunga vanili yang siap untuk dilakukan penyerbukan ditandai dengan sudah mekarnya bagian kelopak dan mahkota bunga. Selain itu, juga terdapat perubahan warna pada bagian kelopak bunga, dari yang semula berwarna hijau menjadi kuning keputihan atau hijau muda.

Bunga vanili membuka/mekar pada malam hari, yaitu mulai pukul 24.00 dan berlangsung selama 12 jam. Waktu penyerbukan yang paling ideal adalah pada pagi hari kira-kira pukul 06.00 – 10.00. Apabila banyak angin sebaiknya dilakukan pada pukul 05.00- 10.00.

Sumber gambar: www.vanillareview.com

Penyerbukan bunga vanili sebenarnya sangat mudah, dan peralatan yang dibutuhkan juga sangat sederhana, hanya satu buah lidi atau bambu yang dibuat runcing bagian ujungnya, dimana fungsinya untuk memudahkan ketika mengangkat kepala putik bunga vanili.

Bunga vanili yang sudah mekar, dipegang dengan tangan kiri dengan posisi dua mahkota dan daun, kelopak yang paling belakang terletak diantara jari tengah dan jari telunjuk.

Tangan kanan memegang potongan bambu/lidi yang selanjutnya digunakan untuk membuka atau merobek bibir bunga yang menutup kepala sari hingga tangkai putik kelihatan, kemudian tutupnya diangkat hingga kepala benang sari turut terangkat.

Dengan ujung bambu/lidi, tepung sari diambil dan diletakkan di atas kepala putik dengan ditekan sedikit, atau dapat pula dengan menekan kepala benang sari ke arah kepala putik, sehingga serbuk sari keluar dan menempel pada kepala putik.

Bunga vanili yang berhasil dikawinkan/diserbukkan, mahkota bunganya tidak jatuh, dan buahnya jauh lebih besar. Jika gagal, mahkota bunga akan jatuh pada hari ke-2 sampai hari ke-4 pasca bunga vanili tersebut mekar.

 

Dalam melakukan penyerbukan ini harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah:

  • Cuaca harus dalam keadaan kering dan bunga tidak basah karena embun.

  • Dari satu tandan bunga yang mekar cukup dipertahankan 15 – 20 bunga saja. Mekarnya bunga vanili dari satu tandan dalam satu hari berkisar 1 – 3 maka penyerbukan dalam satu tandan dilakukan dalam beberapa hari.

  • Beberapa minggu setelah penyerbukan semua tandan harus diseleksi dengan melakukan penjarangan terhadap buah yang terbentuk. Untuk mendapatkan buah yang lurus dan panjang dipertahankan 8 – 12 buah.

  • Untuk mendapatkan buah yang berkualitas baik buah dipanen pada saat berumur 8 – 9 bulan.

Buah yang siap petik apabila telah berubah warna dari hijau tua mengkilap menjadi hijau muda suram, lalu bagian ujung mengering dan pada kulit buah nampak garis-garis tips warna kuning.

Demikian ulasan mengenai penyerbukan vanili, semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman vanili ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.