Salah satu kunci utama dalam budidaya vanili adalah media tanam. Media tanam yang baik akan menghasilkan tanaman yang berkualitas.

Apa saja bahan untuk membuat media tanam vanili yang baik dan tentunya media tanam yang subur, berikut ini penjelasan selengkapnya.

MEDIA DASAR

  1.   Tanah di sekitar perakaran tanaman bambu

Tanah di sekitar perakaran tanaman bambu atau biasa disebut dengan tanah papringan sangat cocok untuk digunakan sebagai media tanam karena sangat kaya akan unsur hara yang berfungsi untuk menutrisi tanaman, selain itu juga banyak terdapat mikroorganisme yang berperan dalam mengembalikan mikroorganisme yang berperan dalam mengembalikan unsur hara. Maka tidak heran jika tanah di sekitar perakaran tanaman bambu ini sangat cocok digunakan sebagai media tanam karena sangat subur.

  1.   Pupuk Organik

Pupuk organik yang digunakan disini adalah pupuk kohe kambing, dan yang paling baik untuk tanaman vanili adalah kohe kambing Jawa, namun jika tidak ada bisa menggunakan pupuk organik dari kohe sapi, kambing atau kerbau. Namun perlu dicatat jangan sekali-kali menggunakan kohe ayam karena mengandung unsur amoniak yang sangat tinggi.

Syarat pupuk organik dari kohe yang digunakan ini adalah pupuk organik yang sudah matang atau proses fermentasinya sudah selesai sehingga suhunya sudah dingin, sudah tidak mengandung hama penyakit tanaman dan terbebas dari kandungan biji gulma.

 MEDIA PENETRALISIR

Media penetralisir disini adalah arang aktif. Arang aktif berfungsi untuk menetralisir racun tanah dan juga menghilangkan hama tanah, contohnya adalah hewan mollusca seperti cacing, bekicot, lintah dan hewan berlendir lainnya.

MEDIA FERMENTASI

Yang dimaksud media fermentasi disini adalah bahan untuk memfermentasi bahan-bahan media tanam tersebut diatas. Adapun media fermentasi tersebut adalah auksin, nitrobacter, starter mikroba, molase dan air, dimana semua bahan akan dicampur menjadi satu ke dalam air.

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah mencampurkan media dasar dan media penetralisir, kemudian menyiramnya dengan media fermentasi dan mengaduknya hingga seluruh bahan tercampur merata dan media sudah siap digunakan sebagai media tanam vanili dengan cara membuat bedengan menggunakan media tanam tersebut.

Demikian ulasan mengenai cara membuat media tanam vanili, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit vanili, pupuk, ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube MJB Farm.