Diantara cara untuk membuahkan vanili adalah dengan melakukan stresing, tentunya stresing yang aman bagi tanaman vanili tersebut.

Dalam melakukan stresing ini tidak boleh asal saja, hal penting yang perlu diperhatikan adalah waktu yang tepat.

Adapun waktu yang tepat untuk melakukan stresing yaitu sebelum masuk musim berbunga yaitu bulan Mei, Juni, Juli, karena bunga vanili biasanya muncul pertama pada bulan Juli, namun pada bulan Juli ini bunga masih sedikit, sedangkan musim raya berbunga adalah bulan Agustus dan September. Dan stresing ini idealnya dilakukan pada tanaman vanili yang telah berumur 2 tahun dimana tanaman vanili sudah kuat.

Untuk mengetahui bagaimana cara membuahkan vanili yang aman, silakan simak penjelasannya berikut ini.

Cara pertama yang dilakukan untuk stresing adalah pada saat menjelang musim kemarau atau setelah memasuki musim kemarau jangan melakukan penyiraman pada tanaman vanili sehingga pucuk pada tanaman vanili akan kering dan mati karena kekurangan air, meskipun demikian jangan melakukan penyiraman selama proses stresing.

Lantas bagaimana melakukan stresing vanili jika di daerah dengan intensitas hujan tinggi? Tentunya berbeda dengan cara pertama tersebut diatas dan kita masuk pada cara yang ke 2 yaitu dengan melakukan pemangkasan. Pemangkasan untuk stresing ini dilakukan pada daun paling ujung atau daun terkecil saja, karena jika pemangkasan terlalu ke bawah kemungkinan akan kembali tumbuh tunas. Dan jika muncul tunas, lakukan pemotongan kembali, karena maksud atau tujuan dari stresing ke 2 ini adalah agar pada tanaman vanili yang akan dibuahkan tidak tumbuh tunas baru.  

Cara yang ke 3 yaitu merundukkan atau menanam/menimbun sulur panjang yang telah menjuntai ke bawah dan ujungnya dirambatkan kembali agar tumbuh akar baru dan seolah menjadi tanaman baru. Dengan demikian suplai nutrisi dari tanaman asal terhenti pada akar baru pada sulur yang menjuntai yang dirundukkan dengan harapan akan terjadi pembungaan dan pembuahan pada sulur yang menjuntai tersebut.

Setelah kurang lebih 3 bulan dari proses stresing, jika memang tanamannya sudah benar-benar tua, dan tidak muncul tunas baru, maka tanaman vanili tersebut akan mulai berbunga.

Demikian ulasan mengenai cara membuahkan vanili, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk ada.

Untuk membeli bibit vanili ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Anto Vinili