Penjarangan Buah Jeruk dan Manfaatnya

Dari beberapa rangkaian perawatan tanaman buah jeruk, penjarangan buah adalah salah satunya. Penjarangan buah ini penting untuk dilakukan karena jika buah jeruk terlalu lebat justru akan memberikan efek negatif bagi buah dan tanaman jeruk itu sendiri.

Dalam satu tangkai, buah jeruk biasanya terdiri lebih dari satu buah, dan agar buah tersebut dapat tumbuh optimal yaitu besar dan bagus perlu adanya penjarangan buah. Selain itu penjarangan buah juga memiliki manfaat yang lain yang pada kesempatan kali ini akan kami ulas penjelasannya.

Dan agar penjarangan buah ini dapat memberikan manfaat sesuai harapan dan bukan malah sebaliknya, maka harus dilakukan dengan benar. Nah, bagaimana cara penjarangan buah jeruk dan apa saja manfaatnya? Berikut ini kami ulas penjelasannya secara lengkap.

CARA PENJARANGAN

Dalam penjarangan buah jeruk ini, kita pangkas buah jeruk yang kecil-kecil dalam setiap tangkainya. Misalnya dalam satu tangkai berisi 4 buah, buanglah 2 buah yang kecil-kecil dan sisakan 2 buah yang lebih besar dan lebih sehat untuk dipelihara. Atau misalnya dalam satu tangkai terdapat bergumul banyak buah misalnya 5 atau 6, maka perlu dijarangkan dan sisakan 3, 2 atau bahkan 1 untuk dipelihara agar mendapatkan buah yang lebih besar.

Pemangkasan buah juga dilakukan pada buah yang kecil (diprediksi tidak akan tumbuh dengan baik) meskipun dalam satu tangkai hanya terdapat satu buah. Pemangkasan ini bertujuan untuk mendapatkan tunas baru, yang mana tunas baru tersebut akan memunculkan bunga kembali dan menjadi buah diluar musim.

Penjarangan buah ini hendaknya dilakukan pada saat buah berumur 1-2 bulan dan paling lambatnya 3 bulan, sebelum buah jeruk tumbuh terlalu besar. Pada usia tersebut sudah terlihat mana buah yang akan tumbuh besar dan pertumbuhannya baik dan buah yang kurang baik, sehingga pemilihan buah untuk dipangkas sudah bisa dilakukan.

MANFAAT PENJARANGAN

Dengan melakukan penjarangan buah jeruk, banyak manfaat yang bisa diperoleh, diantaranya adalah:

  • Buah yang dipelihara akan lebih besar dan berkualitas
  • Meminimalkan serangan penyakit pada buah
  • Memunculkan tunas baru, yang mana tunas baru tersebut akan memunculkan bunga kembali dan menjadi buah diluar musim
  • Pohon jeruk akan tumbuh lebih sehat dan subur

Dan sebaiknya, jika tidak dilakukan penjarangan pada tanaman jeruk justru akan timbul masalah, diantaranya adalah adanya penyakit yang menyerang buah jeruk tersebut. Hal ini karena pada tangkai buah jeruk yang bergumul terlalu lebat, sinar matahari tidak bisa masuk ke dalam sela-sela buah yang menyebabkan kondisinya lembab sehingga memudahkan buah jeruk terkena antrak atau busuk buah.

Selain itu, tanpa penjarangan mengakibatkan buah jeruk berukuran kecil-kecil, yang mana hal ini tentu mempengaruhi harga jualnya di pasaran.

Tanpa adanya penjarangan juga berakibat pada tanaman buah jeruk yang terlalu terbebani karena menanggung berat buah yang terlalu banyak. Selain itu tanaman buah jeruk juga terganggu pertumbuhannya karena semua nutrisi yang ada akan diserap oleh buah yang terlalu banyak.

Demikian ulasan mengenai Penjarangan Buah Jeruk dan Manfaatnya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman jeruk berbagai jenis ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Mangasho Uliantani