Seledri adalah tanaman sejenis sayuran dan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Karena aromanya yang khas, tanaman ini biasa digunakan untuk campuran masakan seperti sup, bakso dan sebagainya.

Penanaman seledri cukup mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan persyaratan tanam yang rumit dan keahlian khusus dalam penanaman dan perawatannya.

Agar tanaman seledri yang ditanam dapat tumbuh subur dan berkembang secara optimal, pemupukan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan terlebih tanaman seledri yang baru ditanam.

Pemupukan yang akan kita lakukan ini adalah pemupukan pertama pada tanaman seledri dalam pot/polybag yang berumur 1 bulan pasca penanaman untuk mendongkrak pertumbuhannya.

Pupuk apa saja yang diberikan, berapa dosisnya dan bagaimana cara aplikasinya ke tanaman? Silakan simak tahapan cara Pemupukan Seledri Agar Cepat Tumbuh Subur.

JENIS DAN DOSIS PUPUK

  • Pupuk NPK dengan dosis 2 sendok makan per 5 liter air.
  • Pupuk Urea untuk merangsang pertumbuhan daun agar lebih cepat subur dan hijau dengan dosis 1 sendok makan per 5 liter air.

Dosis pupuk tersebut dihitung per 5 liter air karena aplikasi pupuk dilakukan dengan cara dikocor. Untuk pemupukan tanaman seledri yang lebih banyak, tinggal menyesuaikan saja dengan takaran dosis di atas.

CARA APLIKASI PUPUK

Sebagaimana disebutkan diatas bahwa pemupukan tanaman seledri yang pertama kali ini diaplikasikan dengan cara dikocor atau disiramkan di sekitar pangkal tanaman. Karena dengan melakukan pemupukan dengan cara dikocor, akan membuat pupuk lebih mudah dan cepat diserap oleh perakaran tanaman.

Setelah semua pupuk siap, larutkan pupuk tersebut ke dalam 5 liter air sesuai dosis tersebut di atas dengan cara mengaduknya hingga benar-benar larut.

Setelah pupuk benar-benar larut, kocorkan atau siramkan di sekeliling pangkal tanaman seledri secara perlahan dan usahakan jangan sampai mengenai daunnya.

Adapun dosis aplikasinya untuk tanaman seledri berusia 1 bulan pasca tanam adalah 100-150 ml.

Agar pupuk mudah meresap terlebih dahulu gemburkan lahan di sekitar pangkal tanaman untuk membuat pori-pori resapan dan usahakan pula saat media tanam dalam keadaan basah.

Pemupukan ini dilakukan pada sore hari dengan interval pemberian setiap 1 bulan sekali.

Demikian ulasan mengenai Pemupukan Seledri Agar Cepat Tumbuh Subur, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih seledri, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN