Langkah awal dalam budidaya tanaman seledri adalah menyediakan bibit yang akan ditanam, bibit tanaman seledri bisa didapatkan dari proses pembibitan.

Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa pembibitan atau perbanyakan tanaman seledri bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu generatif dan vegetatif. Perbanyakan generatif yaitu perbanyakan tanaman seledri dengan cara menyemai biji atau benih, sedangkan perbanyakan vegetatif yaitu perbanyakan tanaman seledri dengan tunas anakan atau seledri muda yang tumbuh pada rumpun seledri dewasa.

Perbanyakan vegetatif biasanya dilakukan pada budidaya seledri skala kecil, karena dengan menanam anakan bisa lebih cepat panen dan tidak perlu melakukan proses penyemaian.

Sedangkan jika menanam seledri dalam skala luas maka pilihan terbaiknya adalah melakukan perbanyakan secara generatif  yaitu dengan menyemai biji, karena dengan cara ini bisa mendapatkan benih seledri dalam jumlah banyak dengan mudah dan dalam waktu yang bersamaan.

Akan tetapi pada artikel kali ini Kampus Tani akan mengulas mengenai cara menanam seledri melalui perbanyakan secara vegetatif, sedangkan cara menanam seledri melalui perbanyakan secara generatif silakan baca pada artikel sebelumnya yaitu Cara Menanam Seledri.

Untuk mengetahui Cara Menanam Seledri dari Tunas Anakan atau melalui pembibitan secara vegetatif silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Tunas anakan tanaman seledri yang akan dijadikan bibit diambil dari rumpun tanaman seledri dari budidaya sebelumnya yang tumbuh subur dan memiliki banyak anakan dalam satu rumpun.

Akan tetapi sebelum melakukan pemisahan tunas anakan, terlebih dahulu adalah mempersiapkan media tanamnya.

Media tanam yang digunakan untuk menanam seledri berupa campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1, campurkan semua bahan hingga merata, kemudian masukkan media tanam tersebut ke dalam pot.

Perlu diingat bahwa pot yang digunakan harus memiliki lubang-lubang di bagian bawahnya untuk mengalirkan kelebihan air siraman agar air tidak berhenti lama atau tergenang di dalam pot, dimana hal ini akan berakibat pada media yang basah dalam waktu lama sehingga mudah ditumbuhi jamur dan menjadi sarang hama.

Sebelum ditanami, terlebih dahulu diamkan media tanam dalam pot minimal selama 3 hari.

Setelah media tanam siap untuk ditanami, pemisahan anakan seledri dari rumpun sudah dapat dilakukan.

Caranya adalah dengan memilih anakan yang pertumbuhannya baik dan memisahkannya dari rumpun dengan mencabutnya secara hati-hati agar tidak rusak. Untuk memudahkan pemisahan dan pencabutan, terlebih dahulu siram media tanam rumpun seledri yang akan diambil anakannya.

Buat lubang tanam pada media dalam pot, tanam anakan seledri pada lubang tanam tersebut dengan menanam 1 anakan pada setiap pot, kemudian siram untuk menjaga kelembabannya.

Demikian ulasan mengenai cara menanam seledri dari tunas anakan, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih seledri, pestisida, pupuk maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Rinoto Jawa