Pemupukan pada tanaman pepaya california sangat penting untuk dilakukan guna mencukupi kebutuhan unsur hara yang dibutuhkan tanaman sehingga tanaman dapat tumbuh dan berproduksi secara optimal.

Adapun jenis pupuk, dosis dan waktu aplikasi pupuk dalam pemupukan pepaya california adalah sebagai berikut :

PUPUK DASAR

Pada saat penanaman pertama pupuk yang diberikan adalah pupuk kandang sebagai pupuk dasar sebanyak 5 ember sedang per tanaman.

PUPUK SUSULAN

Setelah tanaman bermur 1 minggu setelah tanam, pupuk yang diberikan adalah pupuk NPK Mutiara 16:16:16 dengan dosis 1 genggam tangan orang dewasa per tanaman.

Pada saat tanaman pepaya berumur 1 bulan, pupuk yang diberikan adalah KCL 40 gram, Urea 35 gr, TSP36 75 gr dan ZA 75 gr, dosis pupuk tersebut diaplikasikan untuk 1 tanaman pepaya.

Setelah tanaman pepaya berumur 6 bulan, jenis pupuk yang diberikan masih sama dengan pemupukan pada tanaman pepaya berumur 1 bulan akan tetapi dengan dosis yang berbeda yaitu KCL 75 gram, Urea 60 gr, TSP36 75 gr dan ZA 100 gr per tanaman.

Setelah tanaman pepaya berumur 6 bulan ke atas pemupukan dilakukan rutin setiap 3 bulan sekali, adapun pupuk yang diberikan baik jenis pupuk maupun dosisnya sama dengan pemupukan pada tanaman pepaya berumur 6 bulan yaitu KCL 75 gram, Urea 60 gr, TSP36 75 gr dan ZA 100 gr per tanaman.

CARA APLIKASI PUPUK

Adapun cara aplikasi pupuk dasar yaitu pupuk kandang dilakukan dengan cara mencampurkan dengan tanah tempat penanaman pepaya.

Sedangkan cara mengaplikasikan pupuk susulan yaitu, campurkan semua pupuk sesuai dosis dan usia tanaman, buat alur melingkar di sekeliling tanaman, taburkan pupuk melingkar pada alur secara merata kemudian tutup menggunakan tanah.

Demikian ulasan mengenai pemupukan pepaya california, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih pepaya, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Sumber : Channel Youtube dwi septiono