Cara memupuk tanaman mangga agar cepat berbuah dapat dilakukan dengan teknik dan menggunakan jenis pupuk tertentu, bahkan dengan teknik yang akan kami ulas berikut ini dapat menjadikan bunga tidak mudah rontok. Pada artikel kali ini yang akan kita ulas adalah pemupukan mangga yang ditanam dalam pot atau planterbag agar cepat berbuah.

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai pemupukan, perlu diingat bahwa dalam budidaya tanaman terdapat 2 fase pertumbuhan yaitu fase pertumbuhan vegetatif dan fase pertumbuhan generatif.

Fase pertumbuhan vegetatif yaitu fase perkembangan akar, daun dan batang baru, terutama saat awal pertumbuhan atau setelah usai masa berbunga atau berbuah.

Fase pertumbuhan generatif atau fase reproduktif yaitu fase pembentukan dan perkembangan kuncup-kuncup bunga,bunga,buah dan biji.

Dari kedua fase tersebut tentunya memiliki perbedaan dalam jenis pupuk yang diberikan, nah pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai pemupukan pada fase generatif/pembuahan.

Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai pemupukan mangga agar cepat berbuah.

Sebelum pemupukan, terlebih dahulu lakukan stres air pada tanaman mangga yang akan diberi perlakuan. Maksud dari stres air yaitu pengurangan dalam pemberian air, misalnya jika dalam 1 hari biasanya tanaman mangga disiram sebanyak 3 liter maka untuk stres air pemberian air cukup hanya 1 liter saja.

Dengan perlakuan stres air ini, akan membuat tanaman berhenti menumbuhkan pupus baru,  stres air ini dilakukan hingga semua daun tampak tua sekitar 2-3 minggu tergantung kondisi tanaman.

Setelah semua daun tampak tua, selanjutnya adalah melakukan pemupukan dengan cara dikocor, yang bertujuan untuk mempercepat pembuahan.

Adapun pupuk yang diberikan adalah :

  1. Pupuk MKP (Mono Kalium Phosphate ) salah satu pupuk yang menyediakan unsur hara P dan K bebas nitrogen dan amonium, atau sering juga disebut dengan pupuk PK. Unsur hara P dan K dibutuhkan tanaman untuk merangsang pembungaan hingga terbentuknya buah.
  2. Pupuk KNO3 Putih (Potasium Nitrat atau disebut juga Kalium Nitrat) adalah pupuk kimia dengan kandungan Kalium (K) dan Nitrogen (N). Kalium dan Nitrogen adalah nutrisi yang sangat penting bagi tanaman. Fungsi Pupuk KNO3 putih di antaranya adalah, meningkatkan ketahanan tanaman terhadap kekeringan, meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit jamur patogen ( misalnya penyakit layu ), merangsang pertumbuhan dan perkembangan akar, meningkatkan rasa asli (manis , pedas , asam dll.), unsur kaliumnya dapat mencegah kerontokan bunga dan buah.

Adapun dosis dan cara aplikasinya adalah sebagai berikut :

Larutkan pupuk MKP dan pupuk KNO3 ke dalam air dengan dosis masing-masing 3 sendok makan untuk air sebanyak 10 liter. Aduk hingga semua pupuk benar-benar larut.

Siramkan larutan pupuk tersebut pada media tanam pada planter bag atau pot dengan dosis 4 liter untuk planter bag berukuran 50 liter, penyiraman dilakukan pelan-pelan hingga air larutan pupuk benar-benar meresap pada media.

Penyiraman dengan larutan pupuk ini dilakukan setiap 1 minggu sekali dan dilakukan pada sore hari, dan jangan dilakukan pada pagi atau siang hari karena dapat menyebabkan kerontokan bunga,  tumbuh daun muda ( pupus baru ) dan jika sudah berbuah dapat mengakibatkan pecah dan kerontokan buah. Pemberian pupuk ini dilakukan hingga buah mangga sebesar kepalan tangan biasanya 4-6 kali pemberian atau 1-1,5 bulan.

Lakukan juga perawatan harian seperti penyiraman setiap hari yaitu pada sore hari. Pengendalian hama pada bunga ( seperti kutu ) dilakukan dengan menyemprotkan pestisida yang aman dan ramah terhadap bunga, pestisida ini banyak tersedia di toko-toko pertanian. Penyemprotan dilakukan sebelum bunga mekar atau setelah terjadinya penyerbukan/bunga sudah berupa butiran-butiran kecil calon buah. Yang perlu diperhatikan penyemprotan ini dilakukan hanya jika terdapat indikasi adanya hama.

Cara pemupukan dengan metode tersebut di atas banyak digunakan oleh para pembudidaya tanaman buah dan telah terbukti berhasil.

Demikian ulasan mengenai pemupukan mangga agar cepat berbuah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit mangga, pupuk, pestisida maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube Muttaqin Muhamad