Tanaman cabe rawit yang ditanam dalam polybag memiliki persediaan unsur hara yang terbatas, dimana akar hanya dapat menyerap unsur hara dari media dalam polybag saja, berbeda dengan tanaman cabe rawit yang ditanam langsung pada lahan dengan keleluasaan akar dalam menyerap dan mendapatkan unsur hara.

Maka dari itu pemupukan harus dilakukan secara rutin untuk mencukupi kebutuhan unsur haranya. Selain untuk pertumbuhan tanaman pemupukan juga berfungsi untuk pembuahan, dimana dengan pemupukan yang tepat pembuahan dapat berlangsung optimal sehingga tanaman dapat menghasilkan buah yang lebat.

Pada artikel kali ini KampusTani tidak akan mengulas pemupukan cabe rawit dari awal, melainkan pemupukan untuk pembuahan agar tanaman cabe rawit berbuah lebat.

Untuk mengetahui cara Pemupukan Cabe Rawit di Polybag Agar Berbuah Lebat, silakan simak penjelasannya berikut ini.

JENIS PUPUK

Jenis pupuk yang diberikan agar tanaman cabe rawit berbuah lebat adalah:

  1. NPK, pupuk NPK ini merupakan unsur hara makro primer yang sangat dibutuhkan tanaman.
  2. Pupuk KNO3 merah, pupuk ini berfungsi untuk mempercepat proses pembungaan dan pembuahan.
  3. Pupuk KNO3 putih dengan kandungan kalium tinggi yang berfungsi untuk mencegah kerontokan bunga dan buah pada cabe rawit.
  4. Pupuk hara mikro (merek dagang manoHARA) dengan kandungan kalsium, magnesium, Zn, Silica, zat besi dan juga boron yang berfungsi untuk mencegah kuning pada daun.

DOSIS PUPUK

Dari beberapa jenis pupuk di atas dalam pengaplikasiannya harus tepat dosis. Dosis pupuk akan kita hitung per 5 liter air, karena pupuk-pupuk tersebut akan diaplikasikan dengan cara dikocor (dicairkan terlebih dahulu kemudian disiramkan).

Adapun dosisnya adalah 2 sendok makan pupuk NPK, 1 sendok makan pupuk KNO3 merah, 1 sendok makan pupuk KNO3 putih dan 2 sendok makan pupuk hara mikro.

Jika tanaman yang akan dipupuk lebih banyak atau lebih sedikit, sesuaikan saja dengan dosis tersebut di atas.

CARA APLIKASI

Setelah dosis pupuk ditentukan, selanjutnya masukkan semua pupuk sesuai dosis tersebut ke dalam air, larutkan pupuk ke dalam air dengan cara mengadukya hingga merata.

Aplikasikan larutan pupuk tersebut dengan cara mengocorkan atau menyiramkannya pada media dalam poybag. Untuk dosis aplikasinya adalah 1-3 gelas bekas air mineral dengan menyesuaikan ukuran tanaman cabe rawit tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai cara Pemupukan Cabe Rawit di Polybag Agar Berbuah Lebat, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk, benih cabe rawit ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN