Budidaya tanaman melon saat ini cukup mudah untuk dilakukan, karena bibit berkualitas, pupuk maupun pestisida dan perlengkapan budidaya lainnya sangat mudah didapatkan, bahkan di toko-toko pertanian sekitar anda.

Akan tetapi untuk menunjang keberhasilan budidayanya, perlu dilakukan pula pemeliharaan tanaman yang tepat.

Tahapan pemeliharaan tanaman melon meliputi penanaman kembali, pemasangan ajir, penyiraman, pemupukan susulan dan pengendalian hama serta penyakit, berikut ini penjelasan selengkapnya.

PENANAMAN KEMBALI

Penanaman kembali atau penyulaman perlu dilakukan untuk mengganti tanaman yang mati atau gagal tumbuh, selambat-lambatnya 14 hari setelah tanam agar pertumbuhan tanaman secara keseluruhan dapat seragam.

PEMASANGAN AJIR

Agar buah yang dihasilkan bagus tanaman melon harus ditopang dengan ajir/lanjaran fungsinya agar buah tidak bersentuhan langsung dengan tanah selain itu agar sinar matahari masuk ke seluruh bagian tanaman. Ajir sebaiknya dipasang sebelum tanaman tumbuh besar yaitu sekitar 3 hari setelah penanaman.

PENYIRAMAN

Melon butuh cukup air meski jumlahnya tidak boleh berlebih, karena itu proses penyiraman dapat dilakukan setiap hari pada musim kemarau, sedangkan pada musim hujan penyiraman dilakukan secukupnya.

PEMUPUKAN SUSULAN

Untuk hasil yang bagus perlu pemupukan yang berimbang, oleh karena itu dosis dan waktu pemupukan susulan harus tepat diberikan, pemberian pupuk sebaiknya dilakukan dengan cara dikocor. Untuk mengetahui ulasan lengkap mengenai pemupukannya silakan simak pada artikel kami sebelumnya yaitu Pemupukan Tanaman Melon.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT

Jenis hama yang biasa menyerang tanaman melon adalah kutu daun,lalat buah, ulat daun, thrips dan tungau. Sedangkan penyakit yang biasa   menyerang adalah, antraknosa, busuk buah, busuk batang dan gemini virus.

Serangan hama maupun penyakit tidak mengenal musim, oleh karena itu untuk mencegah serangan hama dan penyakit sebaiknya dibuat jadwal penyemprotan. Dosis semprot dan konsentrasi racun sesuai dengan yang tertera pada label kemasan racun pestisida.

Penyiangan atau pembersihan rumput dilakukan secara rutin minimal 1 kali dalam seminggu, kebersihan lahan akan membantu tanaman melon terhindar dari serangan hama dan penyakit.

Melon sudah bisa dipanen dipanen pada umur 60-70 hari setelah tanam, tergantung varietas yang digunakan.

Hasil panen yang didapat bervariasi tergantung varietas yang digunakan, namun rata-rata hasil panen untuk tanaman melon berjaring 30-60 ton per hektar , sedangkan melon non jaring  sebanyak 25-37 ton per hektar.

Demikian ulasan mengenai pemeliharaan tanaman melon, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih melon ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube Agro TV Indonesia