Salah satu faktor penunjang keberhasilan dalam budidaya tanaman buah tak terkecuali tanaman buah anggur adalah pembuatan lubang tanam yang benar. Dalam pembuatan lubang tanam ini tidak hanya membuat lubang begitu saja kemudian di tanami bibit, akan tetapi ada teknik dan trik tertentu agar diperoleh lubang tanam yang baik dan subur sehingga tanaman buah yang ditanam nantinya dapat tumbuh dengan optimal.

Untuk itu mari simak ulasan mengenai cara Pembuatan Lubang Tanam Untuk Tanaman Anggur berikut ini :

Langkah pertama buat lubang tanam dengan ukuran 100×100 cm dengan kedalaman 50 cm, kemudian keluarkan semua tanah galian dari lubang tanam.

Lubang tanam untuk tanaman anggur disini dibuat lebih luas karena telah kita ketahui bahwa tanaman anggur itu tidak memiliki akar tunggang, sehingga lebih banyak menyerap unsur hara dari dalam tanah menggunakan akar serabut, dan akar serabut ini akan menyebar dan menjalar ke samping untuk mencari unsur hara, maka dari itu semakin luas lubang tanam, semakin baik pula bagi tanaman anggur, karena akar akan lebih leluasa dalam mendapatkan unsur hara yang ada di sekitarnya.

Lakukan pengapuran tanah untuk menetralkan keasaman tanah menggunakan kapur dolomit dengan cara menaburkan secukupnya secara merata pada lubang tanam, jika kondisi pH tanah kurang dari 5 ( bersifat masam ).

Biarkan lubang tanam dalam keadaan terbuka selama 3-4 minggu, tujuannya agar zat-zat kimia yang terdapat dalam tanah dapat menguap ke udara, sehingga nantinya pertumbuhan tanaman anggur lebih optimal dan subur.

Setelah lubang tanam dibiarkan selama 3-4 minggu langkah selanjutnya adalah pemberian pupuk dasar.

Tambahkan pupuk organik atau pupuk kandang yang telah matang atau sudah difermentasi sebanyak 15-20 kg, pupuk kandang dipilih karena memiliki kandungan unsur hara mikro yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan pupuk anorganik dan juga lebih mudah didapatkan serta jika harus membeli harganyapun lebih murah.

Pupuk kandang atau pupuk organik juga dapat berfungsi untuk memberikan kehidupan bagi mikroorganisme di dalam tanah, tentunya selama tanah banyak mengandung bahan-bahan organik.

Pupuk kandang juga dapat mengikat air di dalam tanah sehingga kelembaban tanah terjaga.

Selain itu pupuk kandang juga berperan penting untuk meningkatkan struktur tanah dalam arti komposisi partikel yang berada di dalam tanah lebih stabil dan cenderung meningkat karena struktur tanah ini sangat berperan dalam pergerakan air dan udara di dalam tanah.

Tambahkan pula arang sekam sebanyak 10-20 kg yang berfungsi untuk mempertahankan cadangan air di dalam tanah, dan juga dapat memperbaiki sirkulasi udara, sehingga akar dapat tumbuh dengan baik dan lebih cepat menyebar.

Selanjutnya masukkan tanah galian sekitar ¾ nya, kemudian aduk dengan pupuk dan arang sekam hingga merata.

Kemudian tambahkan pupuk anorganik yang mengandung fosfat, seperti pupuk TSP atau SP 36 sebanyak 50-150 gram per lubang tanam. Pupuk dengan kandungan fosfat ini berfungsi sebagai starter yang bagus bagi pertumbuhan awal akar tanaman pasca penanaman, dengan demikian akar akan tumbuh lebih banyak dan lebih kuat untuk mendukung pertumbuhan tanaman di lahan. Tambahkan pula pupuk NPK sebanyak 200 gram. Pemberian pupuk dasar anorganik ini berfungsi untuk menyiapkan ketersediaan unsur hara bagi tanaman sebelum penanaman.

Aduk kembali semua bahan hingga merata, kemudian siram menggunakan air agar pupuk larut dan menyatu. Dalam penyiraman dapat juga ditambahkan pupuk organik cair agar media pada lubang tanam lebih subur.

Setelah selesai penambahan pupuk dasar, jangan langsung ditanami akan tetapi diamkan terlebih dahulu selama sekitar satu minggu, atau setelah tumbuh rumput-rumput liar pada lubang tanam dimana hal itu menunjukkan bahwa media tanah pada lubang tanam tersebut sudah siap ditanami.

Demikian ulasan mengenai Pembuatan Lubang Tanam Untuk Tanaman Anggur, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman anggur, pupuk, pestisida ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN