Pembibitan atau perbanyakan vanili dapat dilakukan secara generatif dan vegetatif. Pembibitan secara generatif dilakukan menggunakan biji vanili, sedangkan pembibitan vegetatif dapat dilakukan menggunakan stek, baik itu stek pendek atau stek panjang. Namun penggunaan stek lebih baik karena lebih mudah.

Bila persediaan bahan stek terbatas dapat diatasi dengan penggunaan stek pendek, mulai dari stek satu buku hingga tiga buku (dua ruas). Stek satu ruas atau dua buku satu daun dapat digunakan untuk mengatasi keterbatasan bahan stek yang paling efektif.

Dari kedua metode penyetekan tersebut, keduanya memiliki perbedaan waktu penanaman.

Apabila ingin langsung menanam batang stek di lapangan, maka gunakanlah metode stek panjang, sehingga waktu pengambilan stek dapat dilakukan segera menjelang penanaman.

Sedangkan apabila menggunakan stek pendek (1 buku berdaun tunggal), maka tidak dapat langsung ditanam pada lahan, karena diperlukan persemaian terlebih dahulu pada polybag selama 4-6 bulan.

Dan untuk menunjang keberhasilannya, teknik dalam penyetekan juga diperlukan diantaranya yaitu saat pemotongan, berikut ini penjelasannya:

Untuk memotong stek satu ruas yang pertama adalah potong akar yang tumbuh pada ruas tersebut tujuannya untuk memancing tumbuhnya akar baru. Potong batang di bawah ruas sepanjang 2 ruas jari kita, sedangkan untuk pemotongan batang di atas ruas yaitu sepanjang 1 ruas jari. Dan untuk daunnya bisa dipotong atau dibiarkan begitu saja, namun untuk mengurangi penguapan potong daunnya dan sisakan setengahnya saja. Sebelum ditanam terlebih dahulu tunggu (kering anginkan) hingga getahnya kering.

Untuk memotong stek dua ruas, potong akar yang tumbuh pada kedua ruasnya, potong batang di bawah ruas cukup sepanjang 1 ruas jari kita, pangkas daun pada ruas bagian bawahnya. Sedangkan untuk pemotongan batang diatas ruasnya sesuka hati. Sebagaimana stek satu ruas untuk daun yang atas bisa dipotong atau dibiarkan begitu saja, namun untuk mengurangi penguapan potong daunnya dan sisakan setengahnya saja. Sebelum ditanam terlebih dahulu tunggu (kering anginkan) hingga getahnya kering.

Untuk memotong stek ruas panjang (1 meter, 2 meter dan sebagainya), potong akar yang tumbuh pada semua ruasnya, potong batang di bawah ruas cukup sepanjang 1 ruas jari, pangkas daun pada 3-4 ruas bagian bawahnya. Yang perlu diperhatikan pada saat memangkas daun lakukan dengan hati-hati agar mata tunas tidak ikut terpotong karena mata tunas itu terletak di ketiak daun, caranya yaitu dengan menyisakan pangkal tangkai daun.

Dan jika terdapat memar pada batang stek sebaiknya jangan digunakan sebagai bibit karena dapat mengakibatkan busuk, maka dari itu pilihlah hanya batang yang segar.

Dalam pemotongan batang stek ini sebaiknya menggunakan pisau atau cutter yang tajam jangan menggunakan gunting karena dapat berakibat memarnya batang stek.

Demikian ulasan mengenai pembibitan vanili, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman vanili, ataupun perlengkapan lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube PPV Indonesia