Membuat Pupuk Organik Perangsang Bunga dan Buah dari Kentang

Selain dapat dijadikan sebagai bahan olahan berbagai jenis kuliner, kentang juga ternyata memiliki berbagai jenis nutrisi dan unsur hara yang sangat bermanfaat untuk tanaman, terutama untuk perangsang bunga dan buah serta melebatkannya.

Kentang dikenal memiliki berbagai jenis nutrisi yang sangat berguna. Selain untuk kesehatan manusia juga dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan berbagai jenis mineral atau unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman.

Hal inilah yang menjadikan kentang sangat berguna untuk kita jadikan sebagai bahan penyubur tanaman baik itu sebagai pupuk padat maupun pupuk cair. Kandungan potasium/kalium serta fosfor yang cukup besar pada kentang menjadikannya dapat diolah menjadi pupuk untuk merangsang pembungaan dan pembuahan serta mencegah kerontokan pada bunga dan buah pada tanaman yang kita budidayakan.

Untuk menggunakan kentang sebagai bahan penyubur tanaman khususnya perangsang bunga dan buah kita dapat menggunakan kentangnya ataupun kulitnya saja.

Kulit kentang dapat diolah menjadi pupuk penyubur tanaman dengan 3 cara, yang pertama dijemur hingga kering, lalu digiling halus dan diaplikasikan pada tanaman sebagai pupuk organik padat. Yang kedua, kulit kentang dapat diolah menjadi kompos dengan mencampurkannya dengan sampah dapur lainnya. Dan cara yang ketiga yaitu dengan merendam kulit kentang dalam air selama 2 jam, dan setelah itu air rendamannya dapat disiramkan pada tanaman.  

Adapun cara Membuat Pupuk Organik Perangsang Bunga dan Buah dari Kentang adalah sebagai berikut.

BAHAN DAN ALAT

  • 50 gram kentang/satu butir kentang ukuran sedang
  • 1 butir telur
  • 3 sendok makan madu
  • 250 ml air cucian beras
  • Blender, pisau

CARA MEMBUAT

Kupas kentang, potong dadu lalu haluskan menggunakan blender dengan menambahkan 250 ml air cucian beras.

Kocok telur, tambahkan 3 sendok makan madu, aduk hingga tercampur merata. Lalu campurkan dengan kentang yang telah diblender, aduk kembali hingga tercampur merata. Dan pupuk organik dari kentang sudah jadi dan dapat digunakan tanpa perlu melakukan fermentasi terlebih dahulu.

CARA APLIKASI KE TANAMAN

Pupuk organik perangsang bunga dan buah dari kentang dapat digunakan secara langsung tanpa perlu difermentasi terlebih dahulu. Namun sebelum digunakan harus diencerkan terlebih dahulu dengan air bersih.

Untuk takaran pupuk sebagaimana tersebut diatas, air yang digunakan untuk mengencerkannya adalah sebanyak 2 liter. Campurkan larutan pupuk tersebut dengan 2 liter air dan aduk hingga tercampur merata, dan pupuk siap untuk diaplikasikan dengan cara kocor atau menyiramkannya di sekitar pangkal batang/perakaran tanaman.

Adapun dosisnya adalah 200 ml per tanaman, semakin besar pohonnya maka dosisnya juga ditingkatkan.

Pupuk organik dari kentang ini diaplikasikan pada tanaman setelah memasuki fase generatif untuk merangsang bunga dan buah pada tanaman yang kita budidayakan dengan interval pemberiannya yaitu 1 minggu sekali.

Demikian ulasan mengenai Membuat Pupuk Organik Perangsang Bunga dan Buah dari Kentang, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube ALAM ORGANIK

Bacaan Terkait