Cara Membuat Pupuk Organik dari Bawang Merah

Bawang merah yang umumnya dibuat sebagai bumbu masakan, ternyata juga memiliki berbagai macam manfaat dalam dunia pertanian organik, diantaranya dapat digunakan sebagai pupuk.

Ada berbagai macam kandungan yang menyebabkan bawang merah sangat berguna bagi tanaman. Diantaranya adalah nutrisi atau unsur hara seperti potasium/kalium, magnesium fosfor dan zat besi/ferrum. Selain itu bawang merah juga mengandung hormon perangsang tunas yaitu allicin dan vitamin B1 (thiamin). Bawang merah juga mengandung hormon perangsang akar yaitu auksin dan rizokalin dan juga mengandung riboflavin untuk menunjang proses metabolisme dan pembentukan sel pada tanaman.

Dari bermacam kandungan yang dimilikinya, bawang merah setidaknya memiliki 8 manfaat yang harus diketahui.

  1. Merangsang pertumbuhan akar dan tunas pada tanaman, hal ini karena keberadaan hormon perangsang seperti allicin, thiamin auksin dan rizokalin.
  2. Mengatasi stres dan layu pada tanaman akibat kekurangan air atau karena pemindahan. Unsur yang berperan dalam hal ini adalah vitamin B1 atau thiamin.
  3. Menetralisir kandungan racun pada tanaman.
  4. Memacu pertumbuhan klorofil, karbohidrat, lemak, enzim dan protein pada tanaman.
  5. Memacu pertumbuhan dan pembentukan bunga dan buah.
  6. Mencegah kerontokan daun, bunga dan buah. Hal ini karena keberadaan unsur kalium/potassium pada bawang merah.
  7. Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan hama serta penyakit.
  8. Mempercepat pertumbuhan bibit tanaman baik itu dari biji, stek, cangkok dan sebagainya.

Nah untuk mendapatkan manfaat bawang merah tersebut di atas secara maksimal maka bawang merah tersebut perlu diolah terlebih dahulu, namun tidak perlu khawatir karena pengolahan bawang merah tersebut sangatlah sederhana. Berikut ini Cara Membuat Pupuk Organik dari Bawang Merah selengkapnya.

CARA MEMBUAT

  • Siapkan 5 butir/siung bawang merah, kalau ada pilihlah yang besar.
  • Haluskan bawang merah tersebut dengan cara diblender dan dengan menambahkan setengah liter air.
  • Setelah halus tambahkan kembali setengah liter air, aduk hingga merata
  • Masukkan larutan bawang merah tersebut ke dalam botol.
  • Diamkan selama 12 jam, dan pupuk organik dari bawang merah sudah siap untuk digunakan.

CARA APLIKASI PADA TANAMAN

Cara aplikasi pupuk organik dari bawang merah dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara dikocor/disiramkan ke perakaran tanaman dan disemprotkan ke seluruh bagian tanaman.

Namun sebelum diaplikasikan, larutkan terlebih dahulu pupuk organik bawang merah dengan air bersih, dengan perbandingan 1:4, satu bagian pupuk organik bawang merah dan 4 bagian air.

Untuk aplikasi dengan cara dikocor, caranya dengan menyiramkan pupuk organik bawang merah tersebut ke media tanam pada pangkal batang tanaman atau sekitar perakaran tanaman dengan dosis 250 ml per tanaman, atau jika tanaman berukuran besar dosisnya bisa disesuaikan. Dan untuk aplikasi dengan cara semprot, masukkan larutan pupuk organik bawang merah pada sprayer, namun harus disaring terlebih dahulu agar tidak menyumbat nozzle sprayer. Semprotkan ke seluruh bagian tanaman secara merata.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Pupuk Organik dari Bawang Merah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube ALAM ORGANIK

Bacaan Terkait