Media Tanam Jahe Merah Tanpa Tanah

Dalam meracik media tanam jahe merah baik itu untuk penanaman di dalam polybag ataupun karung, ada berbagai macam teknik dan bahan yang digunakan, diantaranya adalah media tanam jahe namun tidak menggunakan tanah sama sekali. Media tanam ini menggunakan bahan yang mudah di dapat di sekitar kita. Komposisinya akan menghasilkan media tanam yang poros, tidak padat, tidak mudah tergenang air tapi kelembabannya tetap terjaga.

Untuk membuat media tanam jahe merah tanpa tanah ini apa saja bahan yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya? Berikut ini kami ulas penjelasan selengkapnya.

BAHAN-BAHAN

  • 2 bagian kohe kambing
  • 2 bagian serbuk gergaji/serbuk kayu
  • 2 bagian cacahan batang pisang
  • 1 bagian arang sekam

PROSES PEMBUATAN

Pertama, campurkan kohe kambing dengan cacahan batang pisang sesuai takaran diatas, campurkan dengan mengaduknya hingga merata. Kohe kambing sebagai bahan organik sumber nutrisi yang sangat baik untuk jahe merah, sedangkan cacahan batang pisang berfungsi sebagai tambahan unsur hara, jika tidak ada bisa digantikan dengan limbah sayuran, rumput dan sebagainya.

Langkah selanjutnya siapkan polybag ukuran 50×50 atau karung sebagai wadah media tanamnya.

Masukkan 2 bagian serbuk gergaji ke dalam polybag hingga ketinggian 6-8 cm sebagai lapisan dasar. Lalu masukkan campuran kohe kambing dan cacahan batang pisang sebagai lapisan kedua di atas serbuk gergaji hingga ketinggian 10-12 cm dari serbuk gergaji. Masukkan pula arang sekam sebagai lapisan ketiga atau lapisan paling atas dengan ketinggian 3-5 cm dari lapisan ke dua.

Jadi total ketinggian media tanam ini minimal 20 cm atau satu jengkal orang dewasa. Lipat ke bawah sisa polybag atau karung yang tidak terisi, dimana nantinya dapat dibuka kembali saat penambahan media tanam.

Media tanam jahe merah tanpa tanah ini belum bisa langsung digunakan untuk menanam, akan tetapi terlebih dahulu harus didiamkan selama 20 hari atau lebih. Letakkan di tempat terbuka, biarkan terkena cahaya matahari dan hujan untuk proses fermentasi secara alami.

Demikian ulasan mengenai cara membuat media tanam jahe merah tanpa tanah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit jahe merah ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Juragan Minang Official