Manfaat Pupuk Dolomit Untuk Pertanian

Pupuk dolomit merupakan salah satu jenis pupuk yang cukup ramah lingkungan namun memiliki kualitas tinggi. Dolomit merupakan mineral yang di dalamnya tedapat kandungan unsur hara Magnesium serta Kalsium yang berbentuk tepung dan dalam rumus kimia dilambangkan dengan CaMg(CO3)2.

pupuk dolomit

Di pertanian, keberadan pupuk dolomit merupakan sebuah harapan cerah yang cukup menjanjikan. Sebab, jenis pupuk ini mengandung magnesium yang memiliki kadar cukup tinggi. Sehingga pemakaian pupuk ini cukup baik digunakan pada bidang pertanian, perkebunan, industri bahkan bisa dipakai untuk sektor perikanan atau tambak.

Dolomit sangat cocok digunakan untuk memperbaiki kualitas tanah yang memiliki reaksi masam. Tanah seperti ini banyak ditemukan di kawasan luar pulau Jawa. Tingginya curah hujan menjadi salah satu penyebab, mengapa tanah di luar pulau Jawa memiliki tingkat kemasamam yang tinggi.

Dolomit merupakan jenis pupuk yang menggunakan bahan baku batuan dolomit. Jenis batuan ini didapatkan dari kawasan pertambangan di wilayah Gresik. Dari data yang ada, diketahui bahwa batuan dolomit ini merupakan jenis batuan dolomit yang sangat berkualitas. Dimana batuan ini memiliki kadar magnesium mencapai 18% – 21%.

Kelebihan Pupuk Super Dolomit

Kehadiran pupuk super dolomit ini, bagi para petani atau peternak tambak merupakan sebuah harapan cerah. Karena penggunaan pupuk ini dinilai bisa memberikan nilai lebih. Ada beberapa keunggulan pupuk super dolomit ini, antara lain adalah :

  1. Ukuran butir yang sama, dimana biasanya 95% akan lolos dari ayakan 100 mesh.
  2. Kadar Magnesium yang minimal berkadar 18%
  3. Kemampuan larut dalam air cukup cepat, sehingga memudahkan tanaman untuk mengkonsumsinya
  4. Memiliki efektivitas magnesium yang tinggi
  5. Kemampuan menangkal pengasaman yang cepat.
  6. Super dolomit hanya cukup digunakan 60% dibandingkan dengan pupuk dolomit biasa untuk mencapai hasil yang sama. Dengan demikian, super dolomit akan menghemat 40% pemakaian pupuk.

Keuntungan Super Dolomit

Jika menggunakan pupuk super dolomit yang sudah ditambahkan dengan ZA, mampu memberikan beberapa manfaat yang lebih tinggi. Dimana campuran ini mampu memasok hara Magnesium dan Sulfat Nitrogen pada tanaman. Selain itu, tidak akan membuat tanah menjadi lebih asam.

Kegunaan Super Dolomit

Ada tiga jenis kegunaan super dolomit yang sangat dibutuhkan oleh petani dan juga petani tambak. Ketiga kegunaan tersebut adalah :

  1. Tanaman yang kekurangan zat Magnesium akan berdampak faarl. Dengan super dolomit, akan menambah unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk meningkatkan kemampuan menghasilkan CO2.
  2. Pertumbuhan tanaman akan terganggu jika tanah masam atau memiliki PH rendah. Pada kondisi ini akan membuat tanaman mengalami keracunan A1 serta Fe. Super dolomit akan menetralisir A1 dan juga Fe, selain juga meningkatkan PH tanah guna membantu proses penyerapan unsur hara.

Pembenahan. Pemberian pupuk buatan yang berlebihan, bisa membuat tanaman mengalami kekurangan Magnesium. Pupuk nitrogen juga bisa membuat tanah menjadi masam. Pemberian super dolomit akan membuat tanah menjadi netral dan menghindarkan sifat asam berlebih yang terjadi karena pemberian pupuk yang melebihi batas.