Manfaat Asam Humat Untuk Tanaman

Asam humat saat ini sudah mulai banyak digunakan di dunia pertanian, hal ini karena memang asam humat dapat memberikan efek positif pada pertumbuhan tanaman.

Asam humat ini secara sederhana dapat didefinisikan sebagai hasil dekomposisi dari sisa-sisa tanaman atau binatang selama ribuan bahkan jutaan tahun yang lalu.

Jadi manfaat asam humat dalam pertanian diantaranya adalah dapat meningkatkan kualitas tanah, dapat meningkatkan aktivitas mikroorganisme tanah, dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia serta dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman. Berikut ini penjelasan mengenai Manfaat Asam Humat Untuk Tanaman selengkapnya.

1. Meningkatkan kualitas tanah

Bagaimana asam humat meningkatkan kualitas tanah? Jawabannya yaitu ketika diaplikasikan pada tanah liat, asam humat membantu mengurangi kepadatan tanah, membantu penetrasi air dan udara, sehingga pertumbuhan dan perkembangan daerah perakaran menjadi lebih baik.

Ketika diaplikasikan ke tanah berpasir, asam humat meningkatkan kandungan bahan organik yang meningkatkan kapasitas retensi tanah dalam menyerap unsur hara.

Jadi lebih jelasnya asam humat dapat memperbaiki struktur tanah sehingga mendukung pertumbuhan tanaman.

2. Meningkatkan aktivitas mikroorganisme di dalam tanah

Aktivitas mikroba yang menguntungkan sangat penting bagi keberlanjutan tanah dan pertumbuhan tanaman.

Asam humat merupakan sumber karbon bagi mikroba yang menjadi sumber nutrisinya, yang selanjutnya akan meningkatkan pertumbuhan dan aktivitasnya dalam tanah. Mikroba berperan dalam siklus unsur hara dan pelarutan beberapa nutrisi seperti fosfat yang terikat dalam tanah. Jadi mikroba juga berperan penting dalam kontinuitas pembentukan humus (humifikasi) dalam tanah.

3. Mengurangi penggunaan pupuk kimia

Asam humat merupakan bahan pelengkap pupuk, baik itu pupuk kimia maupun pupuk organik. Penggunaan asam humat secara rutin dapat membantu mengurangi penggunaan pupuk kimia sebagai akibat dari perbaikan dari kualitas tanah dan mikroba.

Asam humat mampu mengikat nutrisi mikro sehingga menjadi lebih mudah diserap tanaman.

Pada beberapa kondisi penggunaan pupuk kimia dapat dihilangkan sama sekali, ketika tanah memiliki kandungan bahan organik cukup serta proses mikrobiologis yang berjalan dengan baik.

4. Meningkatkan pertumbuhan tanaman

Sebagaimana telah dijelaskan diatas bahwa dengan meningkatnya kualitas tanah serta tingginya mikrobiologis  dalam tanah maka pertumbuhan tanaman juga semakin baik. Tanaman menjadi lebih sehat dan pertumbuhan tanaman juga meningkat akibat dari kemampuan tanaman dalam menyerap nutrisi serta memperoleh nutrisi lebih banyak yang disediakan tanah.

CARA PENGGUNAAN ASAM HUMAT

Asam humat dapat diaplikasikan dengan cara dikocor ataupun disemprotkan. Pengaplikasian asam humat ini juga dapat dilakukan bersamaan pada saat pengocoran atau penyemprotan pupuk baik itu organik atau anorganik.

Adapun dosis aplikasinya antara disemprotkan dan dikocorkan memiliki dosis yang berbeda. Untuk kocor dosisnya adalah setiap 10 gram asam humat dilarutkan dengan 16 liter air, sedangkan untuk semprot dosisnya adalah 5 gram per 16 liter air.

Demikian ulasan mengenai manfaat asam humat untuk tanaman, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Dian Pertanian