Cara Stek Lada Satu Ruas

Salah satu penentu untuk peningkatan produktivitas lada adalah penggunaan benih yang berkualitas dan bermutu. Perbanyakan tanaman atau pembibitan lada yang direkomendasikan adalah stek, karena palika praktis, efisien dan benih yang dihasilkan sama dengan sifat induknya.

Terdapat 2 metode stek tanaman lada, yaitu stek panjang dan stek satu ruas. Stek panjang digunakan apabila sumber bahan tanaman yaitu sulur panjat cukup banyak, namun penggunaan stek panjang yang langsung ditanam di lapangan memiliki resiko kegagalan yang cukup besar dan membutuhkan bahan tanaman yang cukup banyak sehingga kurang ekonomis.

Adapun stek yang direkomendasikan adalah stek lada satu buku (ros=Jawa) berdaun tunggal. Inovasi teknologi stek lada satu buku berdaun tunggal memiliki beberapa keunggulan:

  1.   Lebih efisien dan menghemat bahan tanam hingga 400%.
  2.   Bibit yang dihasilkan memiliki sifat yang sama dengan induknya.
  3.   Tingkat kematian rendah yaitu berkisar 10-30% karena dilakukan penyeleksian sebelum tanam di lapangan.
  4.   Tidak terjadi stagnasi pada pertumbuhan awal di lapangan.
  5.   Persentase penyulaman di lapangan lebih rendah dibandingkan stek panjang.

Proses pembibitan lada dengan metode stek lada satu buku berdaun tunggal dapat dilakukan sebagai berikut:

PENYIAPAN RUMAH BENIH

Rumah benih didesain menggunakan screen house tertutup dengan paranet pada bagian atas untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk dan paranet di bagian samping sekeliling screen house untuk melindungi bibit dari serangan hama penyakit.

PENYIAPAN DAN PEMILIHAN BAHAN TANAM

Sumber bahan tanam yang baik adalah yang berasal dari sulur panjat dengan syarat berasal dari varietas unggul, sehat dan bebas serangan hama penyakit, pertumbuhannya aktif, umur tanaman 6-8 bulan, daun-daunnya berwarna hijau tua dan tidak dalam kondisi berbunga atau berproduksi saat dipangkas.

PENYIAPAN TEMPAT PENDEDERAN

Pendederan bertujuan untuk merangsang pertumbuhan akar dan tunas. Pendederan dilakukan di bak pasir berukuran lebar 1 meter dan panjang menyesuaikan kebutuhan serta tinggi 30 cm.

Bagian atas berisi pasir halus setebal 5-10 cm, bagian tengah diisi ijuk setebal 5 cm dan bagian paling bawah diisi koral setebal 5 cm supaya drainase dan aerasi baik untuk merangsang pertumbuhan akar.

PENDEDERAN

Pendederan stek lada diawali dengan membuat alur melintang pada bak pasir untuk memudahkan pengaturan jarak tanaman

Pendederan stek lada pada media pasir secara condong, bagian sulur di bawah daun hingga ruas seluruhnya di benamkan ke dalam pasir, hanya sulur di sebelah atas tangkai daun yang panjangnya 1 cm serta tangkai dan helaian daun yang tetap berada diatas pasir.

Jarak tanam di pendederan adalah 8-12 cm antar baris dan 5-6 cm diatas baris.

Penyiraman dilakukan 2-3 kali sehari selama 2 minggu pertama. Setelah 2 minggu benih sudah dapat dipindahkan ke perbenihan.

PERBENIHAN DAN PEMELIHARAAN

Perbenihan dilakukan di dalam polybag berukuran 10×15 cm, media yang digunakan adalah tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 7:3 atau 2:1, tambahkan 0,5 gram kapur pertanian untuk setiap 1 kg tanah.

Sebelum ditanami, media perbenihan perlu disterilisasi menggunakan fungisida ataupun aplikasi agen hayati trichoderma harzianum yang dibiarkan tertutup plastik selama 2 minggu.

Demikian ulasan mengenai cara stek lada satu ruas, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit lada ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube  BPTP Babel

Bacaan Terkait