Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Terdiri dari sekitar 200 spesies, tumbuhan asli daerah beriklim tropis dan hangat dari Eurasia, Australasia dan Oseania.

Bunga melati banyak disukai karena keindahan dan keharuman bunganya yang khas, selain itu tanaman bunga melati juga dapat digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan sekitar rumah.

Menanam bunga melati cukup mudah dan tingkat keberhasilannya cukup tinggi asalkan dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Jika anda tertarik untuk menanam bunga melati, langkah awalnya adalah menyiapkan bibit.

Saat ini bibit bunga melati cukup mudah diperoleh di toko-toko tanaman hias sekitar anda atau bisa juga diperoleh di SentraTani.com.

Selain itu bibit bunga melati juga dapat diperoleh dengan anda membuatnya sendiri. Salah satu cara pembibitan bunga melati adalah dengan cara stek batang, stek batang ini cukup mudah dilakukan sehingga andapun bisa melakukannya. Adapun cara stek bunga melati selengkapnya adalah sebagai berikut.

PERSIAPAN BATANG STEK

Pilihlah tanaman induk bunga melati yang akan diambil batang steknya dengan kriteria sehat, pertumbuhannya baik serta bebas dari serangan hama dan penyakit.

Pilih batang yang sudah agak tua kemudian potong-potong sepanjang 20 cm menggunakan gunting stek/pisau yang tajam.

Pangkas daunnya untuk mengurangi penguapan, akan tetapi sisakan sedikit daun di ujungnya. Lakukan pemangkasan daun secara hati-hati agar tidak merusak calon tunas yang biasanya berada pada ketiak daun.

Rendam pangkal batang stek pada larutan ZPT selama beberapa saat misalnya 15-20 menit, larutan ZPT ini dapat anda buat sendiri menggunakan bahan utama bawang merah sebanyak 2 siung yang ditumbuk/dihaluskan dan dicampur dengan air bersih sebanyak 1 gelas. Larutan bawang merah ini berfungsi sebagai perangsang tumbuhnya akar.

PERSIAPAN MEDIA TANAM STEK

Sambil menunggu perendaman batang stek, langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Media tanam yang digunakan untuk stek bunga melati adalah tanah, pupuk kandang/kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, aduk semua bahan hingga merata.

Masukkan media tersebut ke dalam polybag kecil, atau wadah lainnya hingga hampir penuh. Syarat wadah media tanam tersebut adalah memiliki lubang pada  bagian bawahnya untuk mengalirkan air, agar air siraman tidak menggenang di dalamnya.

PENANAMAN BATANG STEK

Setelah media tanam dan batang stek siap, tahap berikutnya adalah melakukan penanaman batang stek pda media tanam.

Tancapkan batang stek pada media tanam, sedikit padatkan agar batang stek tertanam erat dan tidak mudah goyah.

Selanjutnya siram menggunakan air sisa rendaman batang stek, hingga basah merata. Untuk sementara letakkan batang stek di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Setelah tumbuh tunas-tunas baru, stek bunga melati sudah dapat diperkenalkan dengan cahaya matahari secara bertahap, agar fotosintesis tanaman dapat berlangsung dengan baik.

Demikian ulasan mengenai cara stek bunga melati, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit bunga melati ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube Organik Tips