Buah naga atau disebut Pitaya dalam bahasa Inggrisnya, merupakan salah satu buah dari beberapa jenis kaktus dari keluarga Hylocereus dan Selenicereus. Buah naga berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia.

Buah naga sekarang ini masih populer dikalangan masyarakat Indonesia. Buah ini memiliki bentuk yang unik, selain warnanya yang menarik, rasanya juga manis dan lezat, sehingga buah ini banyak digemari di Indonesia.

Pembibitan atau perbanyakan tanaman buah naga salah satunya dapat dilakukan dengan cara stek.

Stek atau stek batang adalah metode perbanyakan tanaman dengan menanam potongan batang tanaman induk sehingga akan tumbuh menjadi tanaman yang baru.

Metode stek ini banyak dipilih karena cukup mudah untuk dilakukan dan lebih hemat dalam menggunakan entres dari tanaman induk. Selain itu keuntungan dari stek adalah tanaman yang baru akan memiliki sifat yang sama dengan sifat induknya dan akan tumbuh lebih cepat dibandingkan jika ditanam dari bijinya.

Untuk mengetahui Cara Stek Buah Naga, silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

SIAPKAN ALAT DAN BAHAN

  • Batang/dahan tanaman buah naga¬† yang sehat, terhindar dari serangan hama dan penyakit
  • Obat stek seperti Root Up atau Rootone F
  • Media tanam stek berupa tanah yang gembur dan subur, sekam bakar dan sedikit pasir.
  • Wadah media tanam berupa polybag.

PERSIAPAN BATANG STEK

Potong ujung batang/ranting tanaman buah naga yang akan distek dengan panjang kurang lebih 20 cm.

Sayat miring pada 3 sirip pangkal batangnya sehingga berbentuk meruncing.

Oleskan obat stek seperti root up atau rootone f pada pangkal batang beka potongan untuk merangsang dan mempercepat pertumbuhan akar.

Obat stek seperti root up atau rootone f berbentuk serbuk putih, maka dari itu sebelum diaplikasikan harus dicampurkan sedikit air dan aduk hingga menjadi pasta.

Tunggu hingga obat stek tersebut kering sebelum bibit stek ditanam.

MEDIA TANAM STEK

Sembari menunggu keringnya batang stek, terlebih dahulu siapkan media tanam. Media tanam yang digunakan yaitu tanah yang gembur dan subur dan arang sekam dengan perbandingan 1:1 dan tambahkan pula sedikit pasir, campurkan dengan mengaduknya hingga merata. Masukkan media tanam tersebut ke dalam wadah yang telah disiapkan, yaitu berupa polybag atau wadah sejenis lainnya.

PENANAMAN BATANG STEK

Tanam batang stek pada media yang telah disiapkan tersebut, sedikit padatkan agar batang stek erat tertanam dan tidak goyang, kemudian ikuti dengan penyiraman, cukup hingga media lembab saja jangan sampai becek.

Setelah 1 bulan dari penanaman batang stek biasanya sudah muncul cabag baru dari batang tanaman buah naga yang di stek.

Demikian ulasan mengenai cara stek buah naga, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih maupun bibit tanaman buah naga ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Tanaman Buah