Petai meskipun memiliki aroma yang kurang disukai tetapi banyak yang gemar mengkonsumsinya bahkan dari berbagai kalangan, dari yang muda hingga orang tua sekalipun. Petai ini banyak dikonsumsi sebagai penambah nafsu makan, baik itu dimakan dalam keadaan segar sebagai lalapan, campuran sambal ataupun dimasak dengan dikombinasikan dengan berbagai jenis masakan.

Petai dengan mudah dapat ditemui di pasar, warung ataupun pedagang sayur di sekitar anda. Akan tetapi akan lebih menyenangkan tentunya jika dapat mengkonsumsi petai dari hasil penanaman di kebun sendiri. Budidaya petai ini sendiri cukup mudah untuk dilakukan.

Budidaya tanaman petai diawali dengan mempersiapkan bibit dari tanaman tersebut. Pembibitan atau perbanyakan tanaman petai selain dapat dilakukan secara generatif (dengan menanam bijinya), dapat pula dilakukan secara vegetatif (stek, cangkok, grafting dan sebagainya).

Pada artikel kali ini KampusaTani akan mengulas mengenai salah satu pembibitan/perbanyakan tanaman petai secara vegetatif yaitu stek atau stek batang. Stek batang adalah metode perbanyakan tanaman dengan menanam potongan batang tanaman induk sehingga akan tumbuh menjadi tanaman yang baru.

Metode stek ini dipilih karena cukup mudah untuk dilakukan dan lebih hemat dalam menggunakan entres dari tanaman induk. Selain itu keuntungan dari stek adalah tanaman yang baru akan memiliki sifat yang sama dengan sifat induknya dan akan lebih cepat berbuah dibandingkan jika ditanam dari bijinya.

Untuk lebih jelasnya silakan simak penjelasan mengenai Cara Stek Batang Tanaman Petai pada artikel berikut ini.

SIAPKAN ALAT DAN BAHAN

  • Ranting atau dahan petai yang sehat, terhindar dari serangan hama dan penyakit dan juga merupakan tanaman yang produktivitasnya baik dengan usia yang sudah benar-benar tua, agar saat distek batang tersebut tidak busuk.
  • ZPT untuk merangsang tumbuhnya akar menggunakan bahan alami yaitu bawang merah.
  • Media tanam stek berupa tanah humus atau tanah lapisan atas (top soil) dan pupuk kandang yang telah jadi/telah melalui proses fermentasi.
  • Wadah media tanam berupa cup atau gelas plastik transparan agar perkembangan akar dapat dipantau.
  • Plastik transparan dan karet gelang untuk menyungkup.

PERSIAPAN BATANG STEK

Potong ujung batang/ranting petai yang akan distek dengan panjang kurang lebih 20-25 cm, pangkas semua daunnya.

Sayat miring pada kiri kanan pangkal batangnya dan bersihkan kulit batang yang tua hingga bersih agar nantinya saat mengoleskan perangsang akar dapat meresap sehingga memudahkan tumbuhnya akar nantinya.

Potong bawang merah dan oleskan pada pangkal batang sepanjang kurang lebih 4 cm, diamkan hingga mengering.

MEDIA TANAM STEK

Sembari menunggu keringnya batang stek, terlebih dahulu siapkan media tanam. Media tanam yaitu tanah humus dan pupuk kandang yang sudah jadi/fermentasi dengan perbandingan 1:1, campurkan dengan mengaduknya hingga merata. Masukkan media tanam tersebut ke dalam wadah yang telah disiapkan, yaitu berupa gelas plastik transparan atau wadah sejenis lainnya.

PENANAMAN BATANG STEK

Setelah kering, tancapkan/tanam batang stek pada media tersebut, hingga bagian pangkal yang telah diolesi ZPT bawang merah seluruhnya tertanam, sedikit padatkan agar batang stek erat tertanam dan tidak goyang, kemudian siram media menggunakan air cukup hingga media lembab saja jangan sampai becek. Sungkup menggunakan plastik transparan. Penyiraman berikutnya dilakukan 1 minggu sekali atau saat media terlihat kering dengan membuka sungkup dan menutupnya kembali, tujuannya untuk mempercepat pertumbuhan akar.

Letakkan pada tempat yang teduh tidak terkena sinar matahari dan hujan secara langsung.

Jika tampak mau tumbuh jamur pada batang stek, buka sungkup, bersihkan air yang menempel pada plastik sungkup, jemur di bawah sinar matahari selama 5 menit kemudian sungkup kembali.

Setelah stek petai berumur kurang lebih 3-4 minggu, biasanya sudah mulai tumbuh tunas dan akar, akar akan terlihat jika wadah penyetekan menggunakan gelas bekas air mineral atau wadah transparan. Dan setelah tumbuh akar plastik sungkup sudah dapat dibuka.

Demikian ulasan mengenai cara stek petai, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman petai ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube Petani muda