Mentimun, timun, atau ketimun ( Cucumis sativus L. suku labu-labuan atau Cucurbitaceae ) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan.

Budidaya mentimun sangat singkat, hanya 35-40 hari sejak penanaman sudah dapat dipanen, sehingga banyak petani tertarik untuk menanamnya, jika tertarik menanamnya anda bisa memulai dengan memilih lokasi penanaman yang tepat serta benih unggul.

Benih-benih mentimun berkualitas yang menghasilkan buah dengan produksi tinggi dan kualitas baik saat ini sudah banyak tersedia di toko-toko pertanian, tentunya perlu ada teknik penyemaian untuk mendapatkan bibit tanaman yang bagus, sehingga saat dipindah tanam pada lahan, bibit tidak stres dan dapat tumbuh optimal, di samping itu dengan proses penyemaian terlebih dahulu akan diperoleh keseragaman tanaman dan pertumbuhan tanaman yang kompak dan seragam.

Setelah benih unggul didapatkan yang perlu dilakukan adalah penyemaian benih.

Berikut ini ulasan lengkap Cara Semai Benih Mentimun :

  • Rendam benih menggunakan air biasa selama 15 menit, perhatikan rendaman benih, jika terdapat benih yang mengapung silakan dibuang karena bibit yang mengapung memiliki kualitas yang buruk.
  • Selanjutnya lakukan perendaman kembali selama 1 hari 1 malam.
  • Setelah selesai perendaman, biji mentimun diperam dalam kertas atau kain basah dan disimpan pada tempat yang hangat selama kurang lebih 24 jam hingga keluar calon akar lembaga/akar yang keluar dari benih (berkecambah).
  • Siapkan tempat penyemaian seperti baki persemaian, polybag ataupun plastik es ukuran 1 ons, siapkan pula media penyemaian berupa tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 dan campurkan hingga merata.
  • Setelah itu taburkan benih mentimun ke dalam tempat penyemaian yang sudah diisi dengan media, lakukan penyiraman setiap hari atau lakukan penyiraman saat media terlihat kering, penyiraman sebaiknya dilakukan pada pagi hari.
  • Bibit hasil persemaian benih sudah dapat dipindah tanam ke lahan setelah bibit memiliki 2-3 helai daun sejati atau setelah berusia 20-23 hari setelah semai.

Demikian ulasan mengenai Cara Semai Benih Mentimun, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih mentimun silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : cybex.pertanian.go.id