Sebagaimana ketika hendak membudidayakan tanaman lainnya, langkah pertama yang dilakukan untuk menanam labu botol menggunakan bijinya adalah dengan memilih benih yang berkualitas terlebih dahulu.

Pemilihan benih ini merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam budidaya tanaman labu botol.

Pilihlah benih dari labu yang sudah masak di pohon, kemudian dikering anginkan, bukan dijemur, selain membuatnya sendiri, benih labu botol berkualitas saat ini sudah banyak tersedia di toko-toko pertanian. Selain pemilihan benih unggul, untuk mendapatkan bibit tanaman yang bagus tentunya perlu ada teknik penyemaian yang tepat, sehingga saat dipindah tanam pada lahan, bibit tidak stres dan dapat tumbuh optimal, di samping itu dengan proses penyemaian terlebih dahulu akan diperoleh keseragaman tanaman dan pertumbuhan tanaman yang kompak dan seragam.

Maka dari itu tahapan proses penyemaian harus dilakukan dengan sebaik mungkin, adapun Cara Semai Benih Labu Botol adalah sebagai berikut :

Rendam benih dalam air hangat-hangat kuku selama 24 jam dan letakkan di tempat yang hangat, tujuan perendaman ini adalah untuk memudahkan perkecambahan benih labu botol.

Siapkan wadah persemaian berupa polybag kecil atau gelas bekas air mineral yang telah diberi beberapa lubang di bagian bawahnya, isi wadah tersebut menggunakan media tanam dengan komposisi tanah subur dan kompos / pupuk organik dengan perbandingan 1 : 1.

Buat lubang tanam dengan menusuk media menggunakan jari telunjuk sedalam lebih kurang 1 cm, letakkan benih mendatar kemudian timbun dengan tanah tipis saja. Tujuan penimbunan ini adalah agar benih tidak bergeser dari tempatnya saat dilakukan penyiraman.

Letakkan pot / polybag persemaian pada tempat yang terpapar sinar matahari penuh untuk mempercepat perkecambahan, jangan diletakkan di tempat tempat yang teduh.

Benih labu botol akan berkecambah pada hari ke 8 –10 setelah penanaman benih.

Bibit labu botol hasil persemaian benih siap dipindah tanam pada lahan penanaman sesungguhnya setelah bibit memiliki 4 helai daun lengkap.

Demikian ulasan mengenai Cara Semai Benih Labu Botol, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih labu botol ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : labubotol.blogspot.com