Kemangi tergolong tumbuhan dalam genus Ocimum. Kemangi merupakan terna (tumbuhan yang batangnya lunak karena tidak membentuk kayu). Tanaman kemangi yang banyak tumbuh di daerah tropis ini merupakan tanaman herbal tegak semak, tajuk membulat, bercabang banyak, sangat harum dan memiliki ketinggian 0,3 – 1,5 m.

Kemangi atau biasa disebut dengan daun kemangi, adalah salah satu tanaman yang sangat familiar di masyarakat Indonesia. Pada umumnya daun ini biasa dikonsumsi bersamaan dengan makanan utama sebagai lalapan. 

Pemilihan Benih Kemangi

Untuk memperoleh bibit dari benih yang unggul, maka gunakanlah biji-biji kemangi dari tanaman yang unggul dan memiliki kualitas baik. 

Biji kemangi sebaiknya diperoleh dari bunga kemangi yang sudah masak dari pohonnya, dan runtuh karena terkena angin. Benih kemangi yang baik untuk digunakan memiliki warna coklat dan telah dikeringkan dengan cara dijemur di bawah terik matahari selama beberapa waktu sebelum disemai.

Selain membuatnya sendiri benih kemangi juga bisa anda dapatkan dari toko-toko pertanian.

Adapun cara semai benih kemangi selengkapnya adalah sebagai berikut :

Persiapan Lahan Persemaian

Lahan persemaian  yang akan digunakan adalah berupa bedengan, gemburkan  terlebih dahulu dengan menggunakan cangkul, buat bedengan dengan ukuran lebar  1 meter dan panjang 3 meter, atau tergantung benih yang akan disemai . Berikan pelindung pada lahan persemaian agar tidak terlalu banyak terkena sinar matahari.

Taburkan pupuk kompos secara merata pada bendengan tersebut. Kemudian ratakan dan aduk menggunakan cangkul agar tercampur merata.

Diamkan lahan selama kurang lebih 2-3 hari, dengan tujuan agar kondisi unsur hara akan kembali seperti semula setelah dilakukan penggemburan.

Tahap Penyemaian

Setelah biji yang dijemur telah kering pindahkan wadah tersebut di dalam suhu ruangan dan biarkan mendapat udara.

Semai benih/biji dengan cara menaburkan biji-biji kemangi secara merata pada lahan di bedengan, tutup persemaian biji kemangi dengan menggunakan tanah secara tipis dan merata.

Lakukan penyiraman menggunakan sprayer agar benih/biji tidak larut terbawa air, penyiraman dilakukan pada pagi dan sore hari.

Benih kemangi akan berkecambah setelah berumur 3-4 hari dari penyemaian. Dan jika umur dari bibit kemangi tersebut telah memasuki minggu ke-4 – 5, atau tinggi bibit kemangi sudah mencapai sekitar 5 cm dan memiliki 4-5 helai daun, tanaman kemangi sudah memiliki akar yang kuat untuk dipindahkan ke lahan penanaman. 

Demikian ulasan mengenai cara semai benih kemangi, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih kemangi ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : ilmubudidaya.com