Benih atau biji akasia dapat diperoleh di toko-toko pertanian atau membuat sendiri dengan cara, pilih biji akasia yang tua serta mempunyai bentuk biji yang sempurna (tidak keriput), jemur biji akasia selama 5-6 jam di terik matahari, lantas angkat serta letakkan di area yang teduh.

Untuk mendapatkan bibit tanaman akasia yang berkualitas salah satu kuncinya adalah  penyemaian biji harus dilakukan dengan baik dan benar. Adapun ulasan lengkap mengenai Cara Semai Benih Akasia adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan tempat untuk persemaian, bisa menggunakan polybag, rak semai atau bedengan.
  2. Media semai yang digunakan adalah tanah, pupuk kompos, serta pasir dengannya perbandingan 1:1:1. Campurkan semua bahan hingga merata dan masukkan ke dalam wadah persemaian, diamkan selama 1 hari sebelum biji disemai.
  3. Rendam biji akasia selama 1 malam sebelum disemai, pisahkan biji yang tenggelam dan buang biji yang mengapung karena kemungkinan tidak dapat tumbuh optimal bahkan tidak tumbuh.
  4. Tiriskan biji yang tenggelam, kemudian tebarkan secara merata di media semai. Tutup persemaian menggunakan lapisan tanah secara merata serta tipis.
  5. Tutup persemaian menggunakan plastik transparan atau dedaunan dengan jarak 30 cm dari permukaan persemaian, penutupan ini bertujuan untuk menjaga kelembaban media semai.
  6. Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari dengan penyiraman secukupnya dan jangan sampai berlebihan, yang terpenting agar media tetap dalam keadaan lembab.
  7. Sesudah benih tumbuh, buka plastik penutup persemaian.
  8. Bibit akasia bisa dipindah tanam pada polybag yang lebih besar setelah bibit tumbuh dan mencapai ketinggian 15-20 cm. Letakkan bibit yang telah dipindah pada polybag ke tempat yang lebih luas sembari menunggu bibit siap ditanam pada lahan tanam permanen, yaitu sekitar usia 5 – 6 bulan setelah penyemaian.

Demikian ulasan mengenai Cara Semai Benih Akasia, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih akasia ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : caramenanamkebun.blogspot.com