Cara Sambung Pucuk Lantana

Bunga lantana memiliki beragam warna, antara lain ungu, kuning polos, kuning langsat, putih keungu-unguan, merah, merah keputih-putihan, putih polos dan sebagainya. Warna bunga yang berbeda tersebut umumnya dihasilkan dari pohon yang berbeda pula.

Akan tetapi saat ini sering kita jumpai beragam warna bunga lantana yang terdapat dalam satu pohon, nah bagaimana cara membuatnya? Mudah atau sulit?

Untuk membuatnya ternyata cukup mudah yaitu dengan melakukan sambung pucuk pada tanaman bunga lantana, dengan memilih entres dari tanaman bunga lantana lain yang memiliki warna bunga yang berbeda.

Sambung pucuk adalah menggabungkan dua bagian tanaman yang masih hidup sedemikian rupa sehingga keduanya dapat bergabung menjadi satu tanaman yang utuh.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara sambung pucuk lantana, berikut ini kami ulas penjelasan selengkapnya.

ALAT DAN BAHAN

  • Tanaman bunga lantana yang akan disambung
  • Entres dari jenis bunga lantana yang berbeda warnanya
  • Pisau okulasi/pisau apa saja asalkan tajam
  • Plastik okulasi atau bisa juga menggunakan isolasi untuk mengikat sambungan
  • Plastik bening untuk menyungkup

PERSIAPAN ENTRES

Langkah pertama siapkan entres yang diperoleh dari pohon lantana induk. Pohon induk bunga lantana yang akan diambil entresnya pastikan berasal dari tanaman yang sehat serta terbebas dari hama dan penyakit dan tentunya dengan warna bunga yang berbeda dari tanaman yang ada.

Ambil entres dari pohon induk berupa pucuknya, lalu potong entres dari pohon induk sepanjang 10 cm, atau memiliki 3 ruas.

Pangkas semua daun dan bunganya jika ada untuk mencegah terjadinya penguapan yang tinggi. Pada saat pemangkasan daun lakukanlah dengan hati-hati agar tidak mengenai mata tunas, karena mata tunas berada pada ketiak daun.

TAHAP PENYAMBUNGAN

Pilih ranting dari tanaman bunga lantana (batang bawah) yang akan disambung, setelah ditentukan kemudian potong ujung ranting tersebut.

Ranting yang telah dipotong kemudian dibelah sepanjang 1 cm dengan menggunakan pisau atau cutter tepat di tengah sehingga kedua sisinya sama.

Entres yang sudah siap untuk disambungkan kemudian disayat kanan kirinya agar membentuk lancip seperti baji atau huruf v.

Sisipkan entres pada belahan batang bawah, usahakan sambungan serapat mungkin dan tidak terdapat rongga.

Kemudian ikat sambungan, agar pengikatan lebih mudah pengikatan ini dilakukan menggunakan isolasi bening, penggunaan isolasi ini dianggap lebih mudah karena memiliki perekat.

Sungkup sambungan menggunakan plastik transparan untuk mengurangi penguapan pada entres yang disambungkan, kemudian ikat sungkup agar tertutup rapat dan tidak mudah lepas. Letakkan di tempat teduh yang terhindar dari sinar matahari secara langsung.

Sungkup sudah dapat dibuka setelah satu minggu dari penyambungan. Jika entres masih terlihat hijau menandakan bahwa penyambungan berhasil. Namun setelah sungkup dibuka jangan langsung diletakkan di bawah sinar matahari, akan tetapi tunggu hingga 2-3 hari di tempat teduh agar tanaman beradaptasi.

Demikian ulasan mengenai cara sambung pucuk lantana, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli tanaman bunga lantana berbagai jenis ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Rekayasa Tanaman