Cara Sambung Pucuk Jeruk Keprok

Dalam membudidayakan jeruk keprok agar lebih cepat berbuah sebaiknya menggunakan bibit dari hasil pembibitan secara vegetatif seperti sambung pucuk atau grafting.

Sambung pucuk atau grafting adalah menggabungkan dua bagian tanaman yang masih hidup sedemikian rupa sehingga keduanya dapat bergabung menjadi satu tanaman yang utuh yang memiliki sifat kombinasi antara dua organ atau jaringan yang digabungkan tersebut.

Dua bagian tanaman yang disatukan adalah batang bawah/rootstock yang berupa bibit dari jeruk keprok/jeruk apa saja dan batang atas/entres dari pohon jeruk keprok.

Sambung pucuk ini bertujuan untuk mendapatkan bibit jeruk keprok berkualitas unggul. Karena jika bibit dari biji ditanam langsung tanpa penyambungan maka waktu berbuahnya lama dan tidak jarang sifatnya menyimpang dari induknya. Meskipun dari biji jeruk unggul, bibit yang dihasilkan tidak pasti.

Berbeda dengan bibit yang disambung pucuk yang mana akan lebih cepat berbuah, sifatnya sama dengan induknya (induk yang diambil entresnya) dan memiliki perakaran yang kuat.

Nah, untuk mengetahui bagaimana cara sambung pucuk jeruk keprok, berikut ini kami ulas penjelasannya secara.

BAHAN DAN ALAT

  • Batang bawah dan batang atas
  • Grafting tape, plastik PE 02 atau plastik es lilin untuk mengikat sambungan
  • Pisau okulasi, atau pisau apa saja asalkan tajam dan steril
  • Plastik bening untuk sungkup
  • Larutan ZPT atau bisa juga menggunakan PGPR

PERSIAPAN BATANG BAWAH DAN BATANG ATAS/ENTRES

Batang bawah yang digunakan untuk sambung pucuk adalah bibit tanaman jeruk keprok atau jeruk apa saja yang berasal dari penanaman biji yang berumur paling tidak 2 bulan, bibit biasanya ditanam di polybag. Pilihlah bibit yang sehat, pertumbuhannya bagus, batang tegak dan kokoh.

Sedangkan entres untuk batang atas yang disambungkan diambil dari pohon induk. Pohon induk jeruk keprok yang akan diambil entresnya harus berasal dari varietas unggul, sudah berbuah, buah lebat dan manis, sehat serta terbebas dari serangan hama dan penyakit.

Ambil entres dari pohon induk jeruk keprok berupa cabang yang sehat, pucuknya mengarah keatas dan juga ujungnya tidak sedang tumbuh (tidak terdapat daun muda/cabang dorman), potong entres dari pohon induk 15-20 cm dari pucuk ranting.

Usahakan diameter batang entres kurang lebih sama dengan diameter batang bawah dimana akan dilakukan penyambungan.

Pangkas semua daunnya, namun pemangkasan ini dilakukan dengan menyisakan 1/3 dari masing-masing helai daun. Tujuannya agar mempercepat pertumbuhan tunas baru dan mengurangi proses asimilasi pada tanaman setelah entres disambungkan nantinya.

TAHAP PENYAMBUNGAN

Potong batang bawah pada ketinggian 20-30 cm dari pangkal batang. Belah sekitar 1-2 cm dengan menggunakan pisau tepat di tengah sehingga kedua sisinya sama.

Entres yang sudah siap untuk disambungkan kemudian disayat kanan kirinya agar membentuk lancip seperti baji atau huruf V, usahakan sayatan dibuat selurus mungkin agar sambungan rapat dan menempel dengan sempurna. Celupkan sayatan pada larutan ZPT atau PGPR sebelum disambungkan pada batang bawah.

Sisipkan pada belahan batang bawah, usahakan sambungan serapat mungkin dan tidak terdapat rongga. Ikat sambungan menggunakan grafting tape, plastik PE atau plastik es.

Sungkup menggunakan plastik transparan/bening hingga entres dan sambungan tertutup, ikat bagian bawah sungkup agar tidak mudah lepas.

Letakkanlah di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, baik itu di bawah naungan pohon atau paranet.

Setelah kurang lebih 1,5 bulan sejak penyambungan biasanya sudah muncul tunas-tunas baru pada entres yang disambungkan. Dan plastik penyungkup sudah dapat dibuka.

Jika tumbuh tunas di bawah sambungan atau pada batang bawah maka segera pangkas saja agar pertumbuhan terfokus pada tunas baru pada entres sambungan.

Setelah bibit tampak menyambung sempurna dan pertumbuhannya baik, bibit jeruk keprok hasil sambung pucuk dapat diletakkan di area yang mendapat sinar matahari agar pertumbuhannya baik dan cepat besar.

Demikian ulasan mengenai cara Sambung Pucuk Jeruk Keprok, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit jeruk berbagai jenis ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube ProShelter Edukasi