Cara Menanam Jeruk Keprok

Jika mendengar nama jeruk keprok (Citrus reticulata) tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kita, karena memang jeruk keprok ini merupakan jeruk lokal unggulan atau bisa disebut juga jeruk mandarinnya Indonesia.

Jeruk keprok sangat disukai masyarakat karena mempunyai rasa manis sedikit asam dan segar, warna kulit menarik dan mudah dikupas. Berat jeruk keprok 125-274 gram, bentuk buah jeruk keprok  pada umumnya bulat ada yang gepeng, tekstur permukaan agak kasar.

Tanaman jeruk keprok dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Pohon jeruk ini memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan jeruk lainnya.

Jeruk keprok ini juga bisa dijadikan alternatif bagi anda yang ingin membudidayakan tanaman buah secara komersial karena harganya di pasaran juga relatif stabil.

Jika Anda tertarik untuk membudidayakannya, berikut ini kami ulas penjelasan mengenai Cara Menanam Jeruk Keprok selengkapnya.

PERSIAPAN BIBIT

Bibit tanaman merupakan hal salah satu hal yang sangat menentukan keberhasilan budidayanya, maka dari itu pilihlah bibit yang unggul, sehat, dan juga bebas dari hama dan penyakit tanaman.

Sebaiknya pilihlah bibit hasil perbanyakan vegetatif seperti cangkok, grafting ataupun okulasi. Kelebihan bibit hasil vegetatif yaitu sifat tanamannya bisa dipastikan, karena sama dengan sifat induknya. Sehingga keberhasilannya lebih mudah diprediksi. Selain itu, bibit jeruk keprok hasil perbanyakan vegetatif lebih cepat berbuah jika dibandingkan dengan bibit yang ditanam dari biji (generatif).

PERSIAPAN LUBANG TANAM

Lubang tanam sangat menentukan perkembangan awal bibit jeruk keprok setelah ditanam di lahan, karena media tanam pada lubang tanam merupakan tumpuan hidup pada awal masa pertumbuhan bibit tanaman jeruk keprok di lahan. Maka dari itu pengolahan media tanam tersebut harus dilakukan dengan benar yaitu dapat menyerap air dan menyuplai kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Buat lubang tanam dengan ukuran 50x50x50 cm, semakin lebar dan dalam akan semakin baik, mengapa demikian? karena dengan ukuran yang lebih lebar maka media tanam yang dimasukkan pada lubang tanam akan lebih banyak sehingga cadangan makanan yang dibutuhkan untuk perkembangan awal bibit jeruk keprok juga lebih banyak dan juga akar akan lebih leluasa.

Jika menanam lebih dari satu tanaman jeruk keprok maka jarak tanam yang disarankan paling tidak adalah 3×3 meter.

Gali tanah pada lahan dengan ukuran yang telah ditentukan yaitu panjang dan lebar 50 cm dan kedalaman 50 cm. Pada saat penggalian pisahkan tanah galian bagian atas dan bagian bawah.

Tanah galian bagian bawah dicampur dengan pupuk dasar berupa pupuk organik seperti pupuk kandang yang telah matang/telah difermentasi untuk dijadikan media tanam dengan perbandingan 1:1 dan tambahkan pula pupuk NPK secukupnya.

Campurkan pupuk kandang dan NPK dengan tanah galian bagian bawah, aduk hingga merata, kemudian masukkan pada lubang tanam, siram media tanam dengan air secukupnya.

Diamkan selama kurang lebih 1 bulan dan lubang tanam siap ditanami bibit jeruk keprok.

Adapun tanah galian bagian atas yang masih tersisa nantinya digunakan untuk penutup lapisan atas setelah dilakukan penanaman bibit.

TAHAP PENANAMAN

Buat kembali lubang tanam pada lokasi lubang yang sebelumnya telah dibuat, ukurannya cukup sesuai polybag bibit yang akan ditanam. Letakkan bibit tepat di tengah-tengah lubang tanam, buka polybagnya, lakukan dengan hati-hati dan usahakan media tanam dalam polybag tidak pecah tujuannya adalah agar setelah ditanam tanaman tidak stres.

Atur peletakan agar tanaman tegak lurus/tidak miring, timbun dengan media tanam yang tersisa hingga pangkal batang. Buat gundukan pada pangkal batang tanaman agar lebih tinggi dari permukaan tanah sekitar, tujuannya adalah agar pada saat musim hujan tidak terdapat genangan air di sekitar tanaman yang dapat menyebabkan busuknya akar.

Padatkan perlahan media tanam di sekitar pangkal batang, pastikan tanaman sudah kuat tertopang, kemudian siram dengan air untuk mempertahankan kelembaban.

Dan untuk perawatan tanaman jeruk keprok yang ditanam pada lahan selanjutnya akan kami ulas pada artikel yang akan datang.

Demikian ulasan mengenai cara menanam jeruk keprok, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman jeruk berbagai jenis ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube ProShelter Edukasi