Cara Pembibitan Tanaman Zaitun

Cara pembibitan tanaman zaitun salah satunya dapat dilakukan dengan teknik micro cutting.

Teknik micro cutting, yaitu pembibitan dengan memotong ranting muda pohon zaitun dengan diameter sekitar 0.5 cm sepanjang 6 – 10 cm atau  4-6 ruas daun untuk menghasilkan tanaman baru.

Pembibitan microcutting ini perlu teknik khusus, karena tanpa teknik khusus, potongan ranting tersebut tidak akan bertahan lama, akan layu dan kemudian kering sebelum menumbuhkan akar, karena proses tumbuhnya akar ini membutuhkan waktu relatif lama, yaitu sekitar 1-2 bulan.

Untuk mengetahui cara pembibitan tanaman zaitun melalui teknik micro cutting ini dan agar berhasil tumbuh menjadi bibit tanaman yang baru, silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

PERSIAPAN BAKAL BIBIT

Dari tanaman zaitun induk, potong ujung rantingnya tepat di bawah ruas daun, karena nantinya akar akan tumbuh dari pangkal ruas daun paling bawah. Panjang bakal bibit tersebut adalah  4-6 ruas daun.

Potong titik-titik pertumbuhan seperti ujung/pucuk ranting, tunas dan bakal daun. Pangkas daun pada ruas 2-3 paling bawah untuk meminimalisir penguapan, sedangkan daun pada 2-3 ruas bagian atas, dipotong dengan menyisakan separuhnya.

MEDIA TANAM

Dalam pembibitan zaitun melalui teknik micro cutting ini, media tanam yang digunakan sebaiknya merupakan media yang ringan dan memiliki porositas tinggi. Tujuannya agar memudahkan pertumbuhan akar.

Selain itu dengan media yang porous, sirkulasi air dalam media tanam juga lebih baik sehingga air siraman tidak mengendap dalam media dalam waktu yang lama, dimana hal tersebut dapat berakibat busuknya bakal bibit yang ditanam. 

Untuk mendapatkan media tanam yang ringan dan porous diperlukan bahan-bahan media tanam yang tepat, yaitu campuran antara pasir, arang sekam, tanah dan kompos, dengan perbandingan 1:1:1:3.

Campurkan semua bahan media dengan mengaduknya hingga merata, kemudian  masukkan ke dalam bak plastik berdinding agak tinggi dan ikuti dengan penyiraman secukupnya, yaitu hingga lembab saja dan jangan terlalu basah.

ZAT PENGATUR TUMBUH (ZPT)

Untuk mempercepat pertumbuhan akar pada bakal bibit zaitun maka gunakanlah ZPT. Adapun ZPT yang terbukti efektif mempercepat pertumbuhan akar pada tanaman zaitun adalah auxin. Auxin ini secara alami sebenarnya sudah ada pada tanaman, akan tetapi tanaman-tanaman tertentu memiliki auxin yang lebih dari yang lain. Auxin alami tersedia dalam bentuk Indole Acetic Acid (IAA).

Selain auxin alami, auxin sintetis juga banyak diproduksi oleh para produsen bahan kimia pertanian, umumnya dalam bentuk  Indole -3-Butyric Acid (IBA) dan Naphthaleneacetic Acid (NAA). ZPT dengan kandungan tersebut saat ini sudah banyak tersedia di toko-toko pertanian seperti SentraTani.com, misalnya dengan merek dagang Root Up. ZPT Root Up ini berbentuk tepung, dan untuk penggunaannya terlebih dahulu campurkan dengan sedikit air agar menjadi pasta.

Oleskan ZPT pada potongan pangkal batang bakal bibit. Dan untuk mempertahankan ZPT tetap berada di tempat perakaran dan menstabilkan bakal bibit saat ditanam di media tanam, tancapkan bibit pada potongan floral foam (yaitu foam khusus tanaman untuk menancapkan bakal bibit sebelum kemudian dimasukkan ke media tanam), penggunaan floral foam ini bersifat opsional dan tidak harus, tetapi bila ada akan sangat membantu.

PENANAMAN BIBIT

Tanam bakal bibit yang sudah diberi ZPT dan floral foam ke dalam wadah berisi media tanam, berikan jarak antara bakal bibit dan jangan terlalu rapat kemudian siram secukupnya.

Tutup rapat (sungkup) wadah pembibitan tersebut menggunakan plastik yang diikat. Semprot dengan air secara berkala untuk menghasilkan kelembaban diatas 90%.

Jika pembibitan yang dilakukan berhasil, maka akar akan mulai muncul pada pekan ke 3.

Bibit zaitun hasil pembibitan teknik micro cutting dapat dipindah tanam setelah panjang akar bibit rata-rata 3-5 cm dengan warna kecoklatan, dan setelah akar tumbuh kuat bisa ditaruh di tempat yang mendapatkan sinar matahari penuh.

Demikian ulasan mengenai cara pembibitan tanaman zaitun dengan teknik micro cutting, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman zaitun, ZPT ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Carbon 4Life

Bacaan Terkait

Integrasi Padi Dan ItikIntegrasi Padi Dan Itik

Sistem integrasi tanaman padi dengan itik merupakan penerapan keterpaduan antara komoditas padi dan ternak itik yang saling menguntungkan, yaitu efisien dalam penggunaan sarana produksi dan sarana peternakan. Manfaat sistem budidaya