Cara Merawat Tanaman Buah Naga Kuning

Perawatan pada tanaman budidaya seperti buah naga kuning misalnya wajib untuk dilakukan agar tanaman dapat tumbuh, berkembang dan berbuah dengan optimal.

Secara garis besar, perawatan pada tanaman buah naga kuning meliputi pengikatan, pemupukan, penyiraman, pemangkasan dan pengendalian hama penyakit.

Untuk mengetahui Cara Merawat Tanaman Buah Naga Kuning selengkapnya, silakan simak penjelasannya berikut ini.

PENGIKATAN

Semenjak bibit ditanam pengikatan perlu dilakukan, yaitu pengikatan bibit pada tiang panjat sebagai media untuk merambat dan menopang batangnya agar tidak mudah roboh.

Lakukan pula pengikatan pada cabang baru yang tumbuh pada bagian atas agar nantinya tidak tumbuh secara liar dan mengikuti tiang panjat yang disediakan.

Perlu diperhatikan bahwa dalam pengikatan ini jangan terlalu kuat, agar pohon buah naga kuning nantinya masih memiliki ruang gerak dan tidak terluka akibat tali tersebut.

PEMUPUKAN

Pada fase awal pertumbuhan, tanaman buah naga kuning membutuhkan banyak pupuk yang mengandung banyak nitrogen. Sedangkan pada fase berbuah membutuhkan pupuk yang banyak mengandung fosfor dan kalium.

Pemupukan menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang dapat dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan dosis 5-10 kg per lubang.

Pada saat berbunga atau berbuah, berikan pupuk dengan tambahan NPK dan ZK ( Zwavel Kalium atau kalium sulfat (K2SO4)) dengan dosis masing-masing 50 dan 20 gram per lubang tanam.

Dosis pemberian pupuk terus bertambah sesuai dengan ukuran tanaman.

PENYIRAMAN

Disamping pemupukan, penyiraman juga penting untuk dilakukan agar kebutuhan air tanaman tercukupi dan tumbuh dengan baik.

Penyiraman dapat dilakukan dengan sistem drainase pada parit diantara baris tanaman, atau bisa juga dengan menggunakan sistem irigasi tetes.

Penyiraman tanaman buah naga kuning ini dilakukan sebanyak 3 kali sehari pada musim kemarau atau dengan menyesuaikan dengan kondisi tanah, dan dapat dikurangi atau dihentikan pada saat tanaman mulai berbunga atau berbuah.

PEMANGKASAN

Terdapat 3 tipe pemangkasan pada tanaman buah naga kuning, yaitu pemangkasan untuk mendapatkan batang pokok, pemangkasan untuk membentuk cabang dan pemangkasan peremajaan.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT

Keberadaan hama dan penyakit pada tanaman buah naga kuning dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman, maka dari itu hama serta penyakit tersebut harus dikendalikan sejak dini atau yang lebih baik adalah melakukan pencegahan sejak dini sebelum terjadi serangan.

Caranya, semprotkan fungisida dan insektisida dengan menyesuaikan jasad sasaran. Adapun dosisnya adalah 1 cc per liter air dengan interval aplikasi penyemprotannya adalah 2 minggu sekali dan lakukan secara rutin.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Tanaman Buah Naga Kuning, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit buah naga kuning ataupun perlengkapan lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube ARSITEK DESA

Bacaan Terkait