Cara Menyemai Benih Pakcoy

Pakcoy atau sawi sendok merupakan sayuran yang disukai banyak orang, dan bisa dikombinasikan dengan makanan lainnya, cara menanamnya pun mudah sehingga andapun bisa menanamnya sendiri.

Bahkan jika anda tidak memiliki lahan yang luas untuk menanam sayuran, seperti pakcoy, hal tersebut bukan menjadi kendala, anda bisa menanamnya dalam polybag, yang bisa di letakkan di sekitar rumah anda.

Sebelum anda memulai menanam pakcoy, hal penting yang harus anda lakukan adalah memilih benih berkualitas unggul.

Benih pakcoy berkualitas saat ini sudah banyak tersedia di toko-toko pertanian, akan tetapi untuk menunjang keberhasilan budidayanya selain benih yang berkualitas tentunya perlu adanya teknik penyemaian untuk mendapatkan bibit tanaman yang bagus, sehingga saat dipindah tanam pada lahan, bibit tidak stres dan dapat tumbuh optimal, di samping itu dengan proses penyemaian terlebih dahulu akan diperoleh keseragaman tanaman dan pertumbuhan tanaman yang kompak dan seragam.

Maka dari itu tahapan proses penyemaian harus dilakukan dengan sebaik mungkin, adapun Cara Menyemai Benih Pakcoy adalah sebagai berikut :

Sebelum ditanam, benih perlu disemai terlebih dahulu, proses semai diawali dengan penyiapan media  berupa campuran tanah yang sudah diayak, arang sekam dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1, campurkan semua bahan hingga merata.

Masukkan media semai berupa campuran tanah, arang sekam dan kompos ke dalam pot tray/tray semai kemudian siram air secara merata, tunggu beberapa menit hingga air tidak lagi menetes dari lubang ujung bawah pot tray/tray semai.

Benih yang akan disemai sebaiknya direndam terlebih dahulu dalam air hangat kuku sekitar 45 derajat celcius selama 1 jam, kemudian ditiriskan.

Setelah itu buat lubang semai sedalam 0,5 cm, masukkan satu benih pada tiap lubang semai kemudian tutup kembali.

Untuk mempercepat proses perkecambahan tutup persemaian dengan plastik gelap atau penutup lainnya, dalam waktu 3-4 hari biasanya benih telah berkecambah.

Setelah 3-4 hari plastik penutup persemaian dibuka agar benih yang tumbuh tidak bengkok.

Rawat persemaian dengan baik, persemaian harus terkena sinar matahari langsung, dan hindarkan dari guyuran air hujan.

Siram persemaian tiap pagi dan sore secara merata, supaya pertumbuhannya optimal antara 3-5 hari harus diberi pupuk.

Setelah bibit hasil persemaian berusia 2 minggu setelah semai, atau setelah bibit memiliki 4-5 helai daun, bibit tersebut sudah siap dipindah tanam pada lahan atau pada polybag.

Demikian ulasan mengenai cara menyemai benih pakcoy, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih pakcoy atau perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.